Recently in Website Category

Setelah website para pendukung Amien Rais - Siswono, dibawah ini adalah website yang didedikasikan untuk Susilo Bambang Yudhoyono - Jusuf Kalla.

SB-Yudhoyono.com

Pro SBY

SBY-KALLA Merchandise Center

Sedang website resmi tim kampanye bisa ditemukan di:

SBY-OKE.com

Sama seperti sebelumnya, jika ada informasi tentang website pendukung lainnya apakah untuk SBY atau capres lain, mohon diinformasikan. Terima kasih.

Pendukung Amien Rais Website

| | Comments (61)

Website-website yang mendukung pasangan capres dan cawapres bermunculan. Edisi posting kali ini menampilkan website yang berhubungan dan mendukung Amien Rais - Siswono sebagai calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilihan presiden 2004 nanti. Dibawah ini beberapanya:

Amien Siswono.com

Pusat Informasi Amien Rais Yogyakarta

Amien for RI 1

Amien Siswono Blog

Mailing list Amien Siswono

Hubungan antara website-website diatas dengan tim kampanye Amien - Siswono sendiri tidak diketahui dengan jelas, tapi website resmi dari Amien Rais sendiri bisa dilihat disini:

M-Amien Rais.com

Tolong diberitahun jika ditemukan website pendukung lainnya, baik untuk Amien Rais ataupun capres lainnya.

MegaHasyim.com di launch

| | Comments (13)

Website-nya pasangan capres dan cawapres Megawati - Hasyim Muzadi baru saja di launch 1 Juni kemarin, dengan beralamat di:

www.megahasyim.com

Menurut sumber orang dalam (hehe) website ini telah mencatatkan hits sebanyak 150,000 hits di dua hari pertamanya launch ini telah dikunjungi sebanyak 12,000 orang.

Hadir dengan fiture yang paling menarik (IMO) dibanding website presidensial lainnya, www.megahasyim.com adalah website kedua dari pasangan ini, dimana sebuah website lainnya yaitu www.mega-hasyim.com (DENGAN DASH) telah hadir sebelumnya dan menempelkan embel-embel official site.

Website dengan dash, yang menurut sumber informasi terpercaya (hehe) ini ternyata merupakan persembahan pendukung Mega-Hasyim dari PDS dengan tujuan kampanye yang sama.

Fitur yang kata gue menarik di website MegaHasyim.com ini (tanpa dash) adalah:

  • Fitur memberikan kontribusi dana pada kampanye pasangan capres ini dengan mengirimkan SMS (Microcontribution?)
  • Memberikan pilihan button (link to) bagi pendukung mega yang hendak memasang tanda dukungan pada pasangan ini di website mereka
  • Fitur E-Card yang bisa dikirimkan pada teman.
  • GAMES yang menampilkan Megawati kerepotan menangani permasalahan negara sambil harus menghindari bom (Haha, ini otokritik bang?)
  • Dan terakhir, percaya diri dan tidak takut melink ke website capres lainnya.

Rasanya ga aneh kalo melihat website MegaHasyim.com punya kelebihan yang cukup banyak karena kalo kamu perhatiin di sebelah kiri bawah, kamu bakal lihat button dan keterangan bahwa website ini di desain dan maintained by Indo.com leading travel website Indonesia yang pastinya apal banget bagaimana menggunakan website untuk jualan. :)

Oya btw, Blog Pemilu 2004 ini juga di link disitu :), jadi dah dua website presiden yang ngelink ke blog ini :D

Sebagai salah satu media komunikasi, website bisa jadi sebuah media baru yang unik dibanding media komunikasi lainnya. Makanya ga aneh kalo para pemilih meng-expect para pasangan capres/cawapres untuk memiliki website.

Celakanya website yang dibangun oleh orang yang tidak mengerti media ini bisa berakibat buruk dan sia-sia bagi si kandidat. Brand kandidat bisa turun dan potensi meraih pendukung (suara/dana) lewat website bisa lepas, lebih buruk lagi bisa jadi pemilih TIDAK JADI memilih seorang kandidat gara-gara websitenya parah.

Dalam kasus ini Website SBY bisa jadi contoh kasus untuk dipelajari.

Website pak Susilo Bambang Yudhoyono bisa ditemukan di alamat URL ini:

www.sby-oke.com

Kenapa nama ini yang dipilih saya gak ngerti, lebih makes more sense jika domain seperti SBYuntukIndonesia.com misalnya digunakan.

Website ini juga memberikan alternatif domain jika sesuatu terjadi (entah apa) pada domain SBY OKE di:

www.sby2004.com

dan

www.sby-yes.com

Pada saat ini dua domain diatas me-redirect-kan domainnya ke domain pertama diatas.

Sang pembangun website sepertinya esktra hati-hati dalam membuat website ini, ketika kita daftar ada semacam term of agreement yang harus kita agree dulu sebelum bisa register.

Bagian yang perlu dicatat dari persetujuan itu:

Perlu di ingat bahwa kami tidak selalu memperhatikan semua isi dari situs ini, karena semua isi database dari situs ini adalah tanggung jawab si pengunjung maka kami tidak bertanggung jawab atasnya...

Buat apa bikin website kalo tidak diperhatikan?

Kami akan mengubah semua pesan yang dikirimkan oleh anda kepada situs ini bila terlihat kurang baik atau mungkin kami akan menghapusnya bila perlu...

Intinya, cuma yang bagus2x aja yang akan dipasang di website ini (what???). Usaha yang bagus untuk memperlihatkan bahwa sang kandidat terbuka terhadap kritik.

Dibawah ini list kritik (versi gue) terhadap website ini:

  1. Desain website dan interface terasa clunky, tidak smooth dengan penggunaan frame dan ruang yang tidak efektif. (buat apa pake frame?)
  2. Desain grafis mengingatkan pada gaya 80-an (!) dengan bendera dan sinar matahari (kayaknya desainnya bisa lebih bagus lagi deh)
  3. Select text dan klik kanan di disable. (Ya ampun pak, takut dicuri apa text-nya? lagian nge-disable ini bukan solusi, siapa pun tinggal view source dan delete disable cliknya atau copy paste langsung html source-nya)
  4. Kalo kamu ke www.sby2004.com kamu akan menemukan... intro page!! buat apa? Buang2x waktu dan tidak memiliki fungsi apa-apa, kenapa ga langsung masuk ke halaman dalamnya?
  5. Visi-misi SBY-JK dipasang dalam file PDF tanpa ada keterangan apa2x di file tersebut ttg filenya sendiri, seperti judul misalnya (???). Kenapa ga dibuat halaman website, lebih gampang untuk dibaca online tanpa harus punya Adobe Reader
  6. Profile SBY dibuat dalam dalam 8 halaman !! tanpa maksud jelas, makan waktu untuk melihatnya.
  7. Halaman berita hanya menampilkan judul-judul berita, tanpa keterangan minimal sedikit beritanya tentang apa.
  8. Fitur polling yang cuma basa-basi dan tidak ada manfaatnya baik bagi pengunjung site dan atapun bagi SBY atau pun pengelola website.

Polling saat ini:

Menurut Anda, masalah apa yang harus diprioritaskan oleh pasangan SBY-MJK untuk membangun kembali Indonesia ?
  • Stabilitas Politik?
  • KAMTIBMAS?
  • Pemberantasan Korupsi?
  • Penegakan Hukum dan HAM?
  • Pembangunan Ekonomi?
  • Kesejahteraan Rakyat?
  • Peningkatan Iman dan Takwa?

Ya ampuuun, ya itu SEMUA yang harus diprioritaskan!

Intinya adalah terlihat bahwa pembangun website ini tidak mengerti media online, karakteristiknya, pengunaannya, bahkan teknologi terbarunya.

SAYANG BANGET, karena SBY-JK adalah pasangan favorit banyak orang untuk menang sebagai Presiden RI, tapi jika website ini adalah representasi dia dan tim kampanye-nya di dunia maya, maka banyak orang akan pikir-pikir lagi.

Gue yakin masih banyak para praktisi dunia maya yang lebih mengerti tentang website yang juga adalah pendukung SBY yang bisa membuat dan mengelola website JAUH lebih bagus lagi dengan SUKARELA. Pak jendral yang berpikir ini sebenarnya tinggal meminta dan membuka jalan bagi mereka yang mau bekerja buat dia.

Website lain yang lebih lumayan, juga tentang Susilo Bambang Yudhoyono adalah: www.sb-yudhoyono.com

Website yang dibuat dalam bentuk semi-weblog ini, selain memperbolehkan kontributor untuk menyumbangkan content (bener kan ya?) juga didukung oleh milis di yahoogroups yang sebenernya efektif dalam menggalang dukungan: Mailing list pendukung SBY untuk RI-1 2004

Jumlah anggota saat ini? 35 orang.

Menurut info, websitenya Megawati-Hasyim Muzadi akan dirilis pada tanggal 1 Juni ini dengan alamat di: www.megahasyim.com

Dengan dukungan pemilik Indo.com dibelakangnya, yg jelas berkecimpung di dunia online, bisa jadi website Mega ini akan mengesankan, tampilannya dan juga fungsi-fungsinya.

Mencari Presiden Indonesia

| | Comments (9)

Ditemukan website dengan informasi tentang Pemilu dan juga Kepresidenan yang kayaknya fokusnya lebih ke arah pemilihan Presiden. Nama websitenya Presiden RI.or.id

Di site ini kamu bisa menemukan Berita & Artikel Seputar Pemilu 2004, fasilitas untuk menerima hasil pemilu melalui SMS dan yang baru ada Profil Capres dan Wapres 2004 (kalo mau konsisten harusnya Capres dan Cawapres kali yeee..)

Selain itu buat yang perlu kamu juga bisa dapatkan informasi tentang Pemilu 1999 dan Poll Capres

Koalisi Media

| | Comments (1)

Websita Koalisi Media untuk Pemilu Bebas dan Adil bisa ditemukan disini Koalisi Media

Desain websitenya lumayan bagus dan bagian berita serta opini -nya menarik untuk dibaca karena isinya berbeda dari yang dimuat di mainstream media terutama karena berita dan opini di site ini justru berita tentang mainstream media khususnya yang berhubungan dengan Pemilu

Apa itu Koalisi Media? Dari sitenya sendiri:

Koalisi Media untuk Pemilu 2004 ini merupakan inisiatif tujuh lembaga masyarakat yang masing-masing mempunyai jaringan luas di tingkat internasional hingga lokal dan telah berpengalaman menjalankan program media berkaitan dengan Pemilu 1999.

Tujuh lembaga masyarakat diatas adalah:

Jangan lewatkan juga bagian Humor Pemilu-nya yang lumayan banyak :)

tatacarapemilu1.jpg Info dari oom Udhien :)

Untuk yang akan melakukan pemberian suara pada Pemilu 2004 pertama untuk memilih calon legislatif pada Senin minggu depan, tanggal 5 April 2004.

Jangan lewatkan panduan visual di website Info Tata Cara Pemilu 2004 ini.

Informasi tentang langkah-langkah apa saya yang perlu dilakukan saat kita di TPS nanti disajikan step-by-step dilengkapi dengan photonya. Sangat membantu dan recommended untuk dilihat. :)

Dibawah ini adalah sekilas urutan tata cara pemberian suara (di copy dari website diatas lengkapnya silahkan klik ini)

Urutan Tata Cara Pemilu 2004

  1. Datang ke TPS dan antri di tempat yang telah ditentukan
  2. Daftar ke meja pendaftaran untuk validasi; pada bagian ini, kertas bukti pendaftaran akan distempel sebagai bukti telah terdaftar dan boleh ikut milih pada hari bersangkutan
  3. Selanjutnya, pergi ke meja berikutnya untuk mengambil surat suara, dengan menunjukkan bukti pendaftaran yang telah distempel
  4. Tunggu sampai ada salah satu bilik suara kosong
  5. Masuk ke bilik suara yang telah ditentukan untuk anda (sudah barang tentu yang kosong)
  6. Buka kertas suara yang, baca baik2 nama partai dan juga nama calon legislatif (Caleg), sampai anda yakin dengan pilihan anda,
  7. Pilih partai dan juga nama yang anda percaya, INGAT nama caleg yang dipilih harus yang dari partai yang anda pilih, dengan kata lain, jika nama caleg bukan dari partai yang anda pilih, suara dihitung HANGUS
  8. Lipat kertas suara dengan benar, untuk melihat cara melipat yang benar, baca di sini
  9. Masukkan kertas suara yang telah digunakan ke dalam kotak suara yang telah disediakan
  10. Celupkan jari kelingking kiri ke dalam tinta warna sebagai bukti anda telah memberikan suara anda
  11. SIMPAN bukti pendaftaran yang telah distempel untuk dipakai lagi pada PEMILU PRESIDEN bulan Juli nanti.
  12. SELESAI

Lihat juga Tata cara melipat dan memasukkan kertas suara yang benar

Astaga! Pemilu

| | Comments (5)

Menarik nih kalo mau lihat. sebuah website pemilu funky hasil kerjaan temen-temen di Astaga.com.

Audiens-nya lebih muda dari media tradisional lainnya, isinya ada forum, berita, iklan flashnya MONCONG PUTIH (baru pertama kali liat flash ad-nya no 18 ini) dan tentu aja polling.

Kali ini pollingnya tentang Caleg Selebritis Favorit yang tentu aja listnya gue pinjem untuk di pasang disini he he:

Daftar Caleg Selebritis

  • Nurul Arifin (Golkar)
  • Rae Sita Supit (Golkar)
  • Renny Jayusman (Golkar)
  • Ruhut Sitompul (Golkar)
  • Puput Novel (Golkar)
  • Guruh Soekarnoputra (PDIP)
  • Marissa Haque (PDIP)
  • Deddy Sutomo (PDIP)
  • Ray Sahetapy (PKB)
  • Rieke Diah P (PKB)
  • Gusti Randa (PKB)
  • Kaharuddin Sjah (Demokrat)
  • Adjie Massaid (Demokrat)
  • Anna Tairas (Partai Demokrat)
  • Paquita Widjaya (PAN)
  • Dede Yusuf (PAN)
  • Nia Daniaty (PKPB)
  • Leysus Winarso (PKPB)
  • Hengky Tarnando (Partai PP)
  • Marini (Partai PP)
  • Pepeng (PKS)
  • Dana Iswara (Partai PIB)
  • Mark Sungkar (PBR)
  • Muchsin Alatas (Partai PDK)
  • Slamet Rahardjo (PNBK)
  • Usi Karundeng (Partai PIB)
  • Nindy Elise (PDS)

About this Archive

This page is a archive of recent entries in the Website category.

Wawancara is the previous category.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Powered by Movable Type 4.01