Website SBY (Bambang Yudhoyono)

| | Comments (23)

Sebagai salah satu media komunikasi, website bisa jadi sebuah media baru yang unik dibanding media komunikasi lainnya. Makanya ga aneh kalo para pemilih meng-expect para pasangan capres/cawapres untuk memiliki website.

Celakanya website yang dibangun oleh orang yang tidak mengerti media ini bisa berakibat buruk dan sia-sia bagi si kandidat. Brand kandidat bisa turun dan potensi meraih pendukung (suara/dana) lewat website bisa lepas, lebih buruk lagi bisa jadi pemilih TIDAK JADI memilih seorang kandidat gara-gara websitenya parah.

Dalam kasus ini Website SBY bisa jadi contoh kasus untuk dipelajari.

Website pak Susilo Bambang Yudhoyono bisa ditemukan di alamat URL ini:

www.sby-oke.com

Kenapa nama ini yang dipilih saya gak ngerti, lebih makes more sense jika domain seperti SBYuntukIndonesia.com misalnya digunakan.

Website ini juga memberikan alternatif domain jika sesuatu terjadi (entah apa) pada domain SBY OKE di:

www.sby2004.com

dan

www.sby-yes.com

Pada saat ini dua domain diatas me-redirect-kan domainnya ke domain pertama diatas.

Sang pembangun website sepertinya esktra hati-hati dalam membuat website ini, ketika kita daftar ada semacam term of agreement yang harus kita agree dulu sebelum bisa register.

Bagian yang perlu dicatat dari persetujuan itu:

Perlu di ingat bahwa kami tidak selalu memperhatikan semua isi dari situs ini, karena semua isi database dari situs ini adalah tanggung jawab si pengunjung maka kami tidak bertanggung jawab atasnya...

Buat apa bikin website kalo tidak diperhatikan?

Kami akan mengubah semua pesan yang dikirimkan oleh anda kepada situs ini bila terlihat kurang baik atau mungkin kami akan menghapusnya bila perlu...

Intinya, cuma yang bagus2x aja yang akan dipasang di website ini (what???). Usaha yang bagus untuk memperlihatkan bahwa sang kandidat terbuka terhadap kritik.

Dibawah ini list kritik (versi gue) terhadap website ini:

  1. Desain website dan interface terasa clunky, tidak smooth dengan penggunaan frame dan ruang yang tidak efektif. (buat apa pake frame?)
  2. Desain grafis mengingatkan pada gaya 80-an (!) dengan bendera dan sinar matahari (kayaknya desainnya bisa lebih bagus lagi deh)
  3. Select text dan klik kanan di disable. (Ya ampun pak, takut dicuri apa text-nya? lagian nge-disable ini bukan solusi, siapa pun tinggal view source dan delete disable cliknya atau copy paste langsung html source-nya)
  4. Kalo kamu ke www.sby2004.com kamu akan menemukan... intro page!! buat apa? Buang2x waktu dan tidak memiliki fungsi apa-apa, kenapa ga langsung masuk ke halaman dalamnya?
  5. Visi-misi SBY-JK dipasang dalam file PDF tanpa ada keterangan apa2x di file tersebut ttg filenya sendiri, seperti judul misalnya (???). Kenapa ga dibuat halaman website, lebih gampang untuk dibaca online tanpa harus punya Adobe Reader
  6. Profile SBY dibuat dalam dalam 8 halaman !! tanpa maksud jelas, makan waktu untuk melihatnya.
  7. Halaman berita hanya menampilkan judul-judul berita, tanpa keterangan minimal sedikit beritanya tentang apa.
  8. Fitur polling yang cuma basa-basi dan tidak ada manfaatnya baik bagi pengunjung site dan atapun bagi SBY atau pun pengelola website.

Polling saat ini:

Menurut Anda, masalah apa yang harus diprioritaskan oleh pasangan SBY-MJK untuk membangun kembali Indonesia ?
  • Stabilitas Politik?
  • KAMTIBMAS?
  • Pemberantasan Korupsi?
  • Penegakan Hukum dan HAM?
  • Pembangunan Ekonomi?
  • Kesejahteraan Rakyat?
  • Peningkatan Iman dan Takwa?

Ya ampuuun, ya itu SEMUA yang harus diprioritaskan!

Intinya adalah terlihat bahwa pembangun website ini tidak mengerti media online, karakteristiknya, pengunaannya, bahkan teknologi terbarunya.

SAYANG BANGET, karena SBY-JK adalah pasangan favorit banyak orang untuk menang sebagai Presiden RI, tapi jika website ini adalah representasi dia dan tim kampanye-nya di dunia maya, maka banyak orang akan pikir-pikir lagi.

Gue yakin masih banyak para praktisi dunia maya yang lebih mengerti tentang website yang juga adalah pendukung SBY yang bisa membuat dan mengelola website JAUH lebih bagus lagi dengan SUKARELA. Pak jendral yang berpikir ini sebenarnya tinggal meminta dan membuka jalan bagi mereka yang mau bekerja buat dia.

Website lain yang lebih lumayan, juga tentang Susilo Bambang Yudhoyono adalah: www.sb-yudhoyono.com

Website yang dibuat dalam bentuk semi-weblog ini, selain memperbolehkan kontributor untuk menyumbangkan content (bener kan ya?) juga didukung oleh milis di yahoogroups yang sebenernya efektif dalam menggalang dukungan: Mailing list pendukung SBY untuk RI-1 2004

Jumlah anggota saat ini? 35 orang.

Menurut info, websitenya Megawati-Hasyim Muzadi akan dirilis pada tanggal 1 Juni ini dengan alamat di: www.megahasyim.com

Dengan dukungan pemilik Indo.com dibelakangnya, yg jelas berkecimpung di dunia online, bisa jadi website Mega ini akan mengesankan, tampilannya dan juga fungsi-fungsinya.

23 Comments

Nuke said:

Yep, totally agree. why not spend more money for better advertisement, thus website. Lack of time or simply pure ignorance probably.

enda said:

Wah tengkyu bang goklas, saya baru tuh, ternyata ada Mega-Hasyim.com dan ada MegaHasyim.com apakah ini website yang sama? Yg pasti yg website yg pake dash itu ngakunya _official site_ hmmm..

gombang said:

Ada situs lain pendukung SBY: http://www.prosby.com. Kayaknya ini yang resmi, karena situs partai demokrat mendirect ke sini.

Rafy said:

SBY menang, rakyat senang. SBY manggung negara aman, sejahtera dan makmur. Bagi saya SBY is the best.

yasrie said:

Kami dari BEM sebandung raya, menolak semua calon presiden karena hanya bermodalkan janji semata. Tapi kami tetap akan memilih yang terburuknya sedikit. Tapi kami tidak sudi memilih peresiden yang bergaya kepemimpinan militer

Hanny said:

oi mahasiswa BEM jangan bisa ngomong2 militer-militer terus dong, liat dengan mata terbuka.. liat dengan hati nurani, kalo kalian tidak memilih salah satu kandidat... terus yang mimpin negara moyangnya siapa? kucing? tikus? atau mungkin salah satu dari kalian? pikir lagi buka hati nurani

jakabagus said:

SBY Presiden, rakyat senang. SBY manggung negara aman, sejahtera dan makmur. Bagi saya SBY cocok deh beliau cukup Berwibawa menjadi pemimpin Negara.

ronowidagdo said:

Soal militeristik itu soal kepribadian. Kalo lihat gaya waktu di wawancara, siapa yg lebih milteristik ?? Mega atau SBY ? YG lebih ngotot, gak mau dengerin pendapat orang lain, itulah yg biasanya lebih militeristik. SBY memang militer tapi Mega kayanya lebih militeristik dan feodal dp SBY. Sorrry ya, subyektip euyy.

basuki said:

buat yasri, tolong jangan ngomong anda mewakili semua BEM bandung raya,
anda tuh siapa..??
kalo itu pendapat pribadi ..yo jangan ngomongnya "kami" "kami"
apa anda yakin sudah mewakili pendapat mereka semua..?? (sorry, agak telat yah aku ngasih pendapatnya...??)

lara_hati said:

gimana yah? sebagai salah satu pemegang saham dari PT INDONESIA RAYA, SBY ngelamar menjadi General Manager nya, lihat profile nya aja dia sudah 2X mengundurkan diri dari jabatannya, gimana klo ketrima nantinya, jangan2 blom habis masa kontrak sudah ngundurin diri dulu karena kepusingen ngurusin berbagai krisis...kalo' milih Megawati, kurang meyakinkan, pas diinterview kebanyakan hafalannya,..sudah terbukti, sudah teruji "tidak Becus" Perusahaan saya gak maju2.. 'No Action' 5 tahun belakangan ini..gimana dong...Milih Gak Yah, ato saya serahin aja yah ama pemegang saham lain buat milih, tapi kalo...? bingung neh...0-)

Surya said:

Nggak usah bingung, pilihlah secara adil. yang satu dicoblos yang satunya lagi juga dicoblos. Adil kan.....

Anjani said:

Mega-Hasyim Lebih Fokus Ke Rakyat Kecil

JAKARTA--MIOL: Politisi senior PDIP, Amin Aryoso SH, berpendapat, pasangan capres-cawapres Megawati Soekarnoputri-KH Hasyim Muzadi merupakan pasangan ideal untuk mengantarkan Indonesia ke hari depan yang lebih gemilang karena perhatian mereka lebih terfokus pada rakyat kecil.

"Komitmen Megawati antara lain terlihat pada pernyataannya pada saat menghadiri Hari Teknologi, bahwa iptek hendaknya dapat memberi kontribusi nyata bagi peningkatan kesejahteraan rakyat dan martabat bangsa," kata Amin Aryoso, yang juga anggota Komisi II DPR, di Jakarta, Kamis.

Presiden Megawati, yang juga capres PDIP dalam kesempatan

itu menandaskan, iptek harus dapat memberikan kontribusi nyata

bagi peningkatan martabat dan peradaban bangsa Indonesia, terutama kaitannya dalam pengembangan produk pertanian seperti pepaya,

padi dan sebagainya.

Semakin tinggi manfaat dan nilai ekonominya, semakin

besar pula pengaruhnya terhadap kualitas budaya manusia yang mencipta, menemukan atau menyumbangkannya.

Amin Aryoso mengatakan pernyataan Megawati merupakan penjabaran dari lima butir rencana ekonominya bersama Hasyim Muzadi yang tertuang dalam Rekomendasi-5.

Dalam salah satu butir Rekomendasi-5, Mega-Hasyim menandaskan pentingnya kesejahteraan sosial bagi rakyat Indonesia.

Untuk mencapai tujuan itu, Rekomendasi-5 akan menempuh enam langkah yakni mengurangi tingkat kemiskinan sebesar 45 persen, pemerintah melindungi kelompok masyarakat termiskin antara

lain dengan memberikan subsidi beras, menyediakan papan/rumah

layak huni bagi kelompok miskin, memberikan subsidi minyak tanah, meningkatkan kesejahteraan pegawai negeri, dan meningkatkan pembebasan pajak bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Rekomendasi-5 yang akan membenahi bidang lapangan kerja, pendidikan, kesejahteraan sosial, pelayanan kesehatan dan prasarana, menurut Amin Aryoso, adalah jiwa dari Pembukaan UUD 1945.

Preambule atau pembukaan UUD 1945, menurut Amin Aryoso,

dengan jelas menegaskan bahwa Pemerintah Negara Indonesia dibentuk untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Dengan Rekomendasi-5, saya yakin masa depan Indonesia

dibawa ke arah yang tepat," kata Amin.

Karena itu, menurut dia, dalam menyikapi pilpres putaran

kedua September mendatang, bangsa Indonesia hendaknya berpikir

jernih dalam menentukan pilihan.

"Saya tetap berharap, pilpres putaran kedua akan berjalan dengan lancar, aman, tertib dan damai dan para pemilik suara hendaknya tak tergoda dengan pilihan lainnya," kata Amin Aryoso.

(Ant/Ol-01)

rian said:

pak sby terus maju pantang mundur.adalah simbol pejuang kita.tapi pak hati2 dgn permainan tim sukses mega yang bermain dipemerintahan paling bawah.sebar seluruh tim sukses bapak yang bisa dipercaya.tendang orang2 yang memberikan ancaman kepada masyarakat bawah pak.yang mau jadi boneka mereka.

inge said:

Buat yang ngaku mahasiswa BEM,jgnlah terlalu menuding militer seperti itu ente bisa kuliah sampe sekarang duit dari mane,dari ortu entekan,ortu ente jaman dulu kerja pemerintahnya kepemimpinan siape( jaman orba )itu bukan militer aman gak dulu ente sama ortu ente.dijalan gak ada yg namanya tindak kriminal,teroris,BOM dimana2 kalaupun ada tdk sebanyak sekarang.dewasalah dlm berfikir,saya setuju apa kata Hanny,Basuki.jgn militer yg disalahkan.mahasiswa sendiri yg buat ulah.aparat hanya menjalankan tugas.

sagita said:

Pak SBY maju terus,jgn dengarkan omongan mereka,mereka hanya orang2 yg iri dgn keberhasilan bapak.

m3-ling2 said:

selamat ya buat pak SBY...
Mudah2an suasana ekonomi lebih baik....
Namo Buddhaya semoga selalu diberkati

hola said:

untuk yasrie BEM sebandung raya,

emosi trus... emosi muda jangan trus dibawa-bawa. kan ngga enak ama yang lain. Pernyataan Anda keliatannya sih tegas, tapi lebih banyak membingungkan.

adrian said:

nah pada bungkem deh...
udah kepilih siih SBYnya...
Udah yanh udah ya udah aja...

sagita said:

Kasian deh lo.....
para penghujat SBY,sekarang bengong....
mau ngomong apa sampean sekarang ......yg dihujat udah duduk dikursi kepresidenan.

HARSEL said:

Saya ingin memberitahukan bahwa Ijasah SriMariatiningsih PALSU,dan ijazahnya di gunakan menjadi anggota DPRD jawa tengah ( semarang ) dan saya mohon Bp.Presiden RI harus bertindak tegas atas Ijazah Palsu Srimariatiningsih yang beralamtkan di JL lamongan raya No.1a,APAKAH PANTAS SEORANG WAKIL RAKYAT BERIJASAH PALSU ????
dan yang paling penting lagi bahwa anggota Polisipun sedang menangkap orang yang tidak terbukti dan langsung dijadikan tersangka,,,APAKAH BENAR TINDAKAN POLISI ????
satu hal lagi Sang korban sudah menuntut Sri mariatiningsih sampai di Kejaksaan tinggi negri (Jawa Tengah ) tapi di ontang antingkan dengan alasan kasus tersebut telah di limpahkan ke KEJAKSAAN AGUNG Jakarta untuk di mintai pertimbangan.Saya mohon dengan sangat bahwa Bp.SBY menindak lanjuti perkara tersebut.
Atas perhatianya saya mengucapkan banyak terimakasih.

ita said:

Saya pendukung SBY, tetapi ada salah satu tetangga saya yang fanatik sama SBY, dia itu kayak jurkam di kampung sekitar untuk mendukung SBY, bahkan waktu SBY menang dia selamatan makan bakso datu gerobak dirumahnya, tetapi kok sekarang tidak ada realisasi apa-apa ya.. dari partai demokrat, mbok ya dia itu dibantu karena anak-naknya pada sekolah semua, dan saya liat kayaknya hidupnya agak kurang

Saat ini pemerintah terus membahas mslh kenaikan BBM dan dampak negatif yang akan mengenai kalangan masyarakat.Kalau saat ini masyarakat lebih banyak diam,bukan karena mengerti kesulitan pemerintah dan menerima konsekwensinya,tp lbh pada sudah mencapai titik jenuh dan malas untuk berpikir.Bersyukur blm hilang kepercayaannya terhdp kebijakan pemerintah.Kita sebg masyarakat dihrskan mengerti mengenai kesulitan negara,bukannya kewajiban negara utk mengerti rakyatnya.Saat rakyat sdh terdiam,kembali korupsi marak.Negara jatuh,kembali rakyat hrs mengerti sikon negara.Dengan kata lain,masyarakat cm hrs mengerti dan memaklumi negara yang jatuh oleh para koruptor.Bermacam aturan dibuat dan dikeluarkan dengan bahasa yg sulit,supaya rakyat jg sulit untuk menjalaninya.Dgn demikian kembali rakyat diminta mengerti menerima sebuah kebijakan yg membingungkan.

About this Entry

This page contains a single entry by enda published on May 28, 2004 5:44 PM.

Bio Hamzah Haz was the previous entry in this blog.

Amien Rais di dukung PKS? is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Powered by Movable Type 4.01