Susunan Kabinet "Indonesia Bersatu" SBY-JK Masa Bhakti 2004-2009

| | Comments (40)
SBY-JK
Kalau hari-hari kemarin banyak prediksi, spekulasi dan bahkan hanya menggunakan intuisi; para ekonom memprediksi siapa kelak menko perekonomian, pakar-pakar IT (Information Technology) membicarakan sosok Sofyan Jalil, para pejuang gender equality atas nama "emansipasi wanita" membicarakan Meutia Farida Hatta, so on and so for, sekarang saatnya bagi kita untuk mengetahui susunan kabinet sesungguhnya. Pada 20 Oktober malam, Presiden SBY didampingi Sang Wapres mengumumkan kabinet yang bernama "Indonesia Bersatu" masa bhakti 2004-2009. Susunannya sebagai Berikut:

MENTERI KOORDINATOR

  • Menko Politik Hukum dan Keamanan : Laksamana (Purn) Widodo AS (Purn)
  • Menko Perekonomian : Aburizal Bakrie (Golkar)
  • Menko Kesra : Alwi Shihab (PKB)
  • Sekretaris Negara : Yusril Ihza Mahendra (PBB)

MENTERI DEPARTEMEN

  • Menteri Dalam Negeri : Let. Jen. Purn. Ma'ruf (Purn)
  • Menteri Luar Negeri : Nur Hassan Wirajuda
  • Menteri Pertahanan : Juwono Sudarsono
  • Menteri Hukum dan HAM : Hamid Awaluddin
  • Menteri Keuangan : Yusuf Anwar (Profesional)
  • Menteri Pertambangan dan Energi : Purnomo Yusgiantoro
  • Menteri Perindustrian : Andong Nitimiharja
  • Menteri Perdagangan : Mari E. Pangestu (Profesional)
  • Menteri Pertanian : Anton Apriantono (usulan PKS?)
  • Menteri Kehutanan : M.S. Kaban (PBB)
  • Menteri Perhubungan : Hatta Radjasa (PAN)
  • Menteri Kelautan dan Perikanan : Laksamana Muda Freddy Numberi (Purn)
  • Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi : Fahmi Idris (Golkar)
  • Menteri Pekerjaan Umum : Joko Kirmanto
  • Menteri Kesehatan : Siti Fadhilah Supari
  • Menteri Pendidikan Nasional : Bambang Sudibyo (PAN)
  • Menteri Sosial : Bachtiar Chamsyah (PPP)
  • Menteri Agama : Muhammad Maftuh Basyuni

MENTERI NEGARA

  • Menteri Kebudayaan dan Pariwisata : Jero Wajik (PD)
  • Menteri Riset dan Teknologi : Kusmayanto Kadiman (Profesional)
  • Menteri Koperasi dan UKM : Suryadarma Ali (PPP)
  • Menteri Lingkungan Hidup : Rachmat Witoelar (Tim Sukses)
  • Menteri Pemberdayaan Perempuan : Meutia Farida Hatta (PKPI)
  • Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara : Taufiq Effendi (PD)
  • Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal : Saifullah Yusuf (PKB)
  • Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional : Sri Mulyani
  • Menteri BUMN : Sugiharto
  • Menteri Komunikasi dan Informasi : Sofyan A.Djalil (Tim Sukses)
  • Menteri Pemuda dan Olahraga : Adhyaksa Dault (usulan PKS?)
  • Menteri Perumahan Rakyat : Muhammad Yusuf Ashari (usulan PKS?)

PEJABAT SETINGKAT MENTERI

  • Jaksa Agung : Abdul Rahman Saleh (Profesional)
  • Sekretaris Kabinet : Sudi Silalahi (Purn)

Setelah capek memprediksi, mengintip, mengirim sms iseng "nawarin menteri", sekarang saatnya untuk stop itu semua. Ada sebuah pesan dari Presiden SBY untuk pembaca Blog Pemilu 2004 (hohoho) bahwa formasi Kabinet "Indonesia Bersatu" sudah dipikirkan matang dan tidak mungkin memuaskan semua pihak. Kita semua berharap bahwa Indonesia kelak bukan hanya bersatu, tetapi menjadi lebih baik dalam hal-hal yang positif.

Jadi buat Anda yang bapaknya, ibunya, om-nya, tantenya, kakaknya, kakeknya, temannya atau siapa saja teman Anda yang Anda gadang-gadang jadi menteri namun tidak tercantum namanya diatas, silakan protes di bagian comment bawah ini. Siapa tau Presiden SBY mampir ke blog ini dan mempertimbangkan lebih lanjut :) Buat Anda yang tidak puas, mau demo, mau memuji, atau hanya punya uneg-uneg, silakan tulis juga di kolom comment.

Sumber: Detik.com, Tempointeractive.com

TAMBAHAN:

Profile masing-masing menteri Kabinet Indonesia Bersatu bisa dilihat di Profil Kabinet 2004-2009 dari TokohIndonesia.com

Atau profil singkat dari Detik.com:

Or the profile in English:

From global news:

40 Comments

zlintas said:

Selamat Pak SBY dan MK karena bapak2 telah menyusun kebinet dan sekarang siap action.Siapapun pembantu Bapak bukan persoalan. Yang penting prinsip2 keadilan, kesamaan dimuka hukum, kebebasan berekspresi dan beragama, kerukunan dalam berbangsa dan bernegara, kesamaan hak dan prinsip2 luhur lainnya dapat berkembang dan dinikmati masyarakat Indonesia.

Pak, KalBar adalah daerah tertinggal, jadi aktipkan menteri yang mengurus daerah yang gitu, terutama menyangkut infrastruktur...ok okeeee.

murxid said:

Selamat kepada segenap Bangsa Indonesia dengan telah berjalannya proses demokrasi dengan lancar.
Peranserta seluruh rakyat sangat diperlukan, karena unsur negara ini bukan hanya Presiden beserta wakil dan kabinetnya saja, tapi seluruh rakyat memiliki tanggung jawab untuk membawa bangsa ini ke arah perbaikan.

Kepada Presiden, Wapres beserta jajaran kabinetnya harus meyakini sepenuhnya bahwa Allah SWT senantiasa tahu dan memberikan ganjaran apapun yang kita perbuat.

Sekarang yang rakyat butuhkan bukan sekedar komentar-komentar kosong belaka, tapi hasil dari kerja yang sungguh2. Mari kita bersama-sama membangun negeri ini..

hendra said:

well congrats deh untuk semuanya. Semoga beneran menjadi negara yang bersatu dan tidak hanya mementingkan kepentingan sendiri, golongan dan keluarganya doang, tapi kami rakyat kecil yang terlebih diperhatikan. Kami tunggu kiprahnya, baru kami bisa mulai mencintaimu dari dalam hati kami karena sampai sekarang kami masih bosan dengan janji janji palsu orang orang sebelom kalian. Selamat bekerja. Semoga Tuhan memberkati dan menjadikan Indonesia lebih baik dari hari ke hari.

balq said:

padahal sore kmaren gw udeh charge tuh enpon & bela2in nunggu ampe jam 12. eh tenyata gak di telpon juga ama pa Es Beye buat jadi mentri. hiks..

:D :D

ulil said:

well..suprise,SBY-JK da buat kabinet Indonesia Bersatu,tetapi satu hal yang perlu diingat oleh Pres dan Wapres bahwa banyak "penjilat" yang berada di sekitar dia. contoh seorang pengamat yang dulu jelas menentang SBY dan isu militerisme dan sebelumnya menjadi tim sukses Mega_hasyim dan sekarang berbalik menjadi jubr..apakah cocok?tetapi kata pepatah ada gula ada semut..susunan kabinet awal yg tidak cantik dari SBY karena terlalu tergesa-gesa dalam memilih menteri,terlalu ragu dalam memilih persis dalam sifat beliau yang ragu 20th lalu dlm oprasi di Timtim dan juga ragu mundur atau tidak di kabinet Mega..banyak kepentingan yang bermain terutama dalam perebutan 3 menteri basah:menkeu,meneg BUMN dan menko perekonomian.dapat dikatakan tim ekonomi yang meragukan dari kabinet SBY_JK tetapi kita sebagai anak bangsa harus tetap optimis terhadap kinerja dan komitmen beliau dalam menghadapi krisis yang berkepanjangan..waspada terhadap "penjilat" di sekitar SBY-JK dan satu lagi komen buat Mendagri,siapa dia?punya kapabilitas dlm memimpin birokrasi Indonesia yang carut marut nda?apalagi UU no.22/99 telah direvisi dan menghasilkan PILKADAL(Pemilihan Kepala Daerah Langsung)sama seperti pilpres..bisa nda dia memanage smua persoalan OTODA di negeri kita?jawaban yang akan teruji dalam 100hari ataupun 365hari ataupun 1825hari..Wallahuallam and hope Allah bless our country

fitra said:

Selamat buat para Menteri yang telah dilantik,pesan khusus buat bapak Hamid Awaluddin dan bapak Abdul rahman saleh jadilah pendekar hukum yang sakti mandraguna seperti Bima dan gatotkaca.

fitra said:

Selamat buat para Menteri yang telah dilantik,pesan khusus buat bapak Hamid Awaluddin dan bapak Abdul rahman saleh jadilah pendekar hukum yang sakti mandraguna. seperti Bima dan gatotkaca.

piko said:

Ada apa dengan putra dari sulawesi selatan?,kok cuman 1 doang,padahal suara buat sby 98% menang di sulsel,tapi gak apa deh biar satu orang tapi berani dan tegas sesuai dengan prinsip budaya hidup orang bugis-makassar "siri"

candido alves said:

program tiga bulan ke depan apa presiden dan wakil presiden? daerah manakah yang akan dikunjungi pertama presuden dan wakil presiden?

selamat datang para pemain baru, tolong kalau sebisa mungkin hasil kerja dan jerih payah generasi terdahulu jangan seenaknya diganti atau dirubah (mbok ya kenapa para politikus di pemerintahan tidak bisa terus saja konsisten dalam arti (bila suatu hal yang baik harus diteruskan (generasi siapa saja azal orang Indonesia (WNI) dan yang jelek ya semakin ditindas biar tambah kapok pelaku-pelakunya ! Ingat Tetap konsisten pada Prinsip Yang benar pasti menang dan yang salah pasti kalah !
Salam PNS depkeu

mas piko dari sulsel jangan serakah.. wapres dari sulsel tuh, presiden juga pernah ada dari sulsel. dari kampung saya nih belum pernah ada pejabat.. apa mesti tunggu 20 tahun lagi ya?

Syahrani said:

Saya heran, kok katanya PD ngajukan 9 menteri namun hanya diterima 1 yakni Men Pendayagunaan aparatur negara (PAN).. Lah itu Jero Wajik apa bukan dari PD? Apa dia dihitung dari professional yaa? hmmm...

Bae_you said:

susunan kabinet

Riri said:

No Comment-lah

awank said:

berjuanglah sby.....
lawanlah amin rais....

budi mulyono said:

pak sby saya budi mulyono mahasiswa ppkn UNY angkatan 2004 saya cuma pingin naya kenapa sich anda memilih mentri hanya berdasarkn jassa mereka tanpa memikirkan kredibilitas dan profesionlisme .ingat ....? kami sangat berharp besar kepada anda untuk memajukan negara ini

budi mulyono said:

pak sby saya budi mulyono mahasiswa ppkn UNY angkatan 2004 saya cuma pingin naya kenapa sich anda memilih mentri hanya berdasarkn jassa mereka tanpa memikirkan kredibilitas dan profesionlisme .ingat ....? kami sangat berharp besar kepada anda untuk memajukan negara ini

Ratna said:

Pak SBY,saya boleh tahu gak program kerja dari kabinet yang Bapak telah susun?

jajang said:

Saya berharap kpd pak sby dan pak jusuf kalla walaupun saya seorang anak sekolahan tapi saya ingin negara indonesia menjadi negara maju. Tindak para koruptor. Dan agar biaya untuk sekolah tidak mahal jadi kan aq bisa terus sekolah ke jenjang yan lbih tinggi.

lemy said:

tuk pak menteri tenaga kerja, tolong dong persyaratan untuk tenaga kerja jangan terlalu sulit, seperti tinggi badan yang kurang walau otak encer kan susah juga, trus tes buta warna untuk cpns, gimana bagi yang mengalami padahal dari fisik meunjang.. perbanyak lowongan kerja, karena banyak pengangguran.. sukses selalu deh

presiden RI said:

hahahahahaha
saya ko ga masuk di susunan kabinet yah???????

jd cleaning service jg ga apa2 hee

Jalal said:

diharapkan test CPNS tanggal 24 November 2004 besok membawa angin segar paradigma baru penerimaan CPNS. Tanpa KKN, suap menyuap, katabelece, titipan, jatah pejabat, percaloan, perjokian, dan lain sebagainya. hal ini sebagai momentum menjadikan negara bersih dan jujur. Bravo untuk sby yang bertekad memberantas segala bentuk penyelewengan.

ABDUL HARIS said:

Kepada pak sby&jk yg saya hormati,saya sebagai pelaja mengharapkan agar mengutamakan mutu pendidikan dan ekonomi,keamanan di negara kita yang tercinta.#SEMOGA BAPAK SBY&jk sukses dalam membenahi negara kita ini#

BISAE said:

Untuk para rakyat semua, sabar2 aja dulu ya! Jangan pada demo dulu kalo 100 harinya kabinet indonesia bersatu belum memuaskan. Akan lebih bijaksana kalo kita beri kesempatan dulu dan jangan langsung pada demo ga karuan (ingat masalah bangsa bukan hak yg mudah)! Setuju ga? Tapi ingat!! Bukannya berarti kita diam aja! Kita tetap harus jadi sparing partner yg kritis tapi pada waktu dan tempat yg tepat!

BISAE said:

Untuk para rakyat semua, sabar2 aja dulu ya! Jangan pada demo dulu kalo 100 harinya kabinet indonesia bersatu belum memuaskan. Akan lebih bijaksana kalo kita beri kesempatan dulu dan jangan langsung pada demo ga karuan (ingat masalah bangsa bukan hal yg mudah)! Setuju ga? Tapi ingat!! Bukannya berarti kita diam aja! Kita tetap harus jadi sparing partner yg kritis tapi pada waktu dan tempat yg tepat!

virgorini said:

buat rakyat indonesia, saat ini keadaan memang serba sulit, tapi kita tetap harus jaga hati kita supaya tetap sabar dan bersih, jadi kita gak mudah untuk dihasut atau diprovokasi. percaya pada pemerintah, karena Tuhan pasti campur tangan dlm pemilu kemarin shg, pak sby naik jd pres RI. mari kita dukung pemerintah kita dalam doa dan segala hal.

Aster said:

YTH. Bapak Alwi Shihab, saya mau nanya tentang Tes CPNS yang baru-baru ini diadakan serentak di seluruh Indonesia,di Riau hasil ujian dirangking dahulu di ibukota propinsi yaitu di Pekanbaru,setelah itu barulah hasilnya di kirim ke Jakarta,kalau begitu sama aja bisa bermain dan titip uang sogok sama panitia di pekanbaru,gimana nih Pak Menteri solusinya,BUKTIKAN JANJIMU PAK MENTERI.

pak alwi shihab tolong di chek?? mekanisme penilaian CPNS di departemen PU??apa alasan hingga tanggal 8 januari 2005 pengumuman tes CPNS belum juga bisa diumumkan????
apakah ada indikasi KKN didalamnya???mohon di chek

pak alwi shihab yang terhormat saya adalah peserta ujian Dep PU yang sedang menunggu hasil ujian dep.pu, saya mohon agar hasilnya segera diumumkan agar dapat diketahui oleh semua orang dan saya mohon sekali agar hasilnya diumumkan secara transparan agar dapat diketahui oleh semua orang, karena di Departemen-departemen lain sudah pada diumumin. Demikianlah saya mohon agar Bapak memperhatikannya. dan jika ada indikasi KKN maka tlg diusut agar komitmen 100 hari penuntasan KKn di indonesia ini dapat terwujud...thank

ramli said:

Bapak Presiden SBY yang terhormat.Saya Ramli ketua TKG SBY-MJK,juga sekretaris Partai Demokrat Kab.Nias adalah calon terpilih pemilu legislatif dgn no.urut 1 dari dapem Sumut 7(tujuh)Nias dan Nias Selatan.Telah menjadi korban kezaliman KPUD Sumut.Saya mohon petunjuk bapak Presiden karena sudah beberapa kali surat DPP,DPD,DPC,Konsituen Partai Demokrat mendesak KPUD Sumut,namun sampai saat ini tidak ada respon.Dan sbg informasi ,pencoretan nama saya dilakukan KPUD tanpa dasar hukum yg kuat,buktinya saya tidak pernah menerima pemberitahuan apa yg menjadi alasan KPUD Sumut mencoret nama saya sbg calon terpilih,baik secara lisan maupun tertulis. Akhirnya saya berdoa agar keadilan bisa segera tercipta bagi semua pihak tanpa pandang bulu.Thanks.TTD Ramli HP 0811638208.Mohon Izin kalau bapak Presiden berkenan saya mau tatap muka.

tomy hardi said:

pak sby,semoga bpk sabar dalam menghadapi semua ini.

WentiL said:

pak.. situsnya tambahin foto dong. jadi kalo ketemu dijalan kita bisa nyapa! hehhe...
ps: TV lagi rusak

BROTO said:

Saya pengin ngerti nomor2 HP atau kotak pos yaNG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MENYAMPAIKAN TINDAK PRAKTEK PENYIMPANGAN. KARENA SESUAI KOMITMEN SBY UNTUK MEMBERANTAS KORUPSI MAka untuk mendukung itu. kami ingin laporkaN.

emerson said:

Pak Sby yg bijak dan terhormat saya adalah tim sukses solo bapak sewaktu pemilu dg menempelkan sticker2 Sby&Jk di berbagai tempat,saya ingin memberikan masukan,sebaiknya menteri2 wanita ditiadakan & dananya dipakai untuk menjadi rumah sakit jiwa kejahatan bodoh mahluk perempuan,karena mahluk tersebut menolak evolusi,pembelajaran,dan fiminisme adalah gerakan ke arah masyarakat anti pria,yg melemparkan semua kesalahan2 &kejahatan di masyarakatkepada kaum Adam sejak zaman purba,dengan cara menggunakan alasan sifat alaminya yg terbukti tidak ada hubunganya oleh ilmuwan,& sikap polos,bermain korban,molek,lemah lembut palsu, & malas untuk bekerja hal inilah yg menyebabkan leluhur kita untuk berperang untuk mendapatkan makanan dg kekerasan,sehingga kaum pria terkelompok menjadi negara,ilmu politik,ekonomi dan sosial lainya hanya untuk mendapatkan makanan yg dikarenakan kemalasan kaum wanita ,hal ini masih berkelanjutan hingga di dalam kegilaan2 yg ada di masyarakat sampai sekarang ini.ilmuwan2 mengetahui hal ini dengan melakukan penelitian bahwa tindak kriminal dan keterbukaan sexualitas kaum pria dikarenakan oleh berlebihnya hormon estrogen di tubuh para pelakunya,yaitu hormon kaum wanita,dan kesalahan didik yg lebih banyak dikarenakan gila cinta diri sendiri kaum wanita.oleh karena itulah bagian otak emosi dan sexualitas kaum wanita tidak berkembang atau masih merupakan otak purba manusia kera,dan ilmuwan telah membuktikan hal ini.Mereka adalah mahluk2 berhati dingin perlu "kesembuhan" .

emerson said:

Pak Sby yg bijak dan terhormat saya adalah tim sukses solo bapak sewaktu pemilu dg menempelkan sticker2 Sby&Jk di berbagai tempat,saya ingin memberikan masukan,sebaiknya menteri2 wanita ditiadakan & dananya dipakai untuk menjadi rumah sakit jiwa kejahatan bodoh mahluk perempuan,karena mahluk tersebut menolak evolusi,pembelajaran,dan fiminisme adalah gerakan ke arah masyarakat anti pria,yg melemparkan semua kesalahan2 &kejahatan di masyarakatkepada kaum Adam sejak zaman purba,dengan cara menggunakan alasan sifat alaminya yg terbukti tidak ada hubunganya oleh ilmuwan,& sikap polos,bermain korban,molek,lemah lembut palsu, & malas untuk bekerja hal inilah yg menyebabkan leluhur kita untuk berperang untuk mendapatkan makanan dg kekerasan,sehingga manusia terkelompok menjadi negara,dan menciptakan,ilmu politik,ekonomi dan sosial lainya hanya untuk mendapatkan makanan yg dikarenakan kemalasan kaum wanita ,hal ini masih berkelanjutan hingga di dalam kegilaan2 yg ada di masyarakat sampai sekarang ini.ilmuwan2 mengetahui hal ini dengan melakukan penelitian bahwa tindak kriminal dan keterbukaan sexualitas kaum pria dikarenakan oleh berlebihnya hormon estrogen di tubuh para pelakunya,yaitu hormon kaum wanita,dan kesalahan didik yg lebih banyak dikarenakan gila cinta diri sendiri kaum wanita.oleh karena itulah bagian otak emosi dan sexualitas kaum wanita tidak berkembang atau masih merupakan otak purba manusia kera,dan ilmuwan telah membuktikan hal ini.Mereka adalah mahluk2 berhati dingin perlu "kesembuhan" .

emerson said:

Karena kita masih belajar demokrasi sebaiknya untuk semmentara waktu pemerintah menciptakan Polisi Idea yg bertujuan sbg antithesis idea2 yg ada di suarakan oleh elemen2 masyarakat,sbg antisipasi dari pihak2 tak bertanggung jawab yg mencari makan dari politik,agama,SARA,mahasiswa,dan gerakan elemen masyarakat lainya,yg hanya menciptakan sentimen SARA,& perpecahan di masyarakat dg mengatas namakan kepentingan rakyat.
Polisi2 idea ini yg bertugas membahas idea2 elemen masyarakat sebelum dibawa ke aksi demonstrasi yg hanya menimbulkan kericuhan/pengrusakan,kemudian diuji kerelevansianya & kerealistikanya dengan situasi dan kondisi negara.
Tujuanya bukan untuk meredam fluktuasi yg ada di masyarakat,tetapi untu mendapatkan idea2 baru yg memuaskan semua pihak tanpa kericuhan.
Dan sebaiknya Polisi2 Idea ini adalah filsuf2/pemikir2 bebas yg sebagai lembaga berdiri diatas suku,agama,ras,parpol,business,mahasiswa, dll,diberikan kewenangan yg sama dg polisi yg memback-up kedaulatan NKRI dari "nyamuk2 nakal tak bertanggung jawab",tetapi masih dibawah naungan POLRI.

listina said:

wah president sby yah?mmmm aku orang bandung lho.............tau gak kalo dibandung ada sekolah gratis......namanya smu alfa-centauri...aku juga skul disitu.........................

suandi said:

Indonesia Maju Terus

abdul rochman sabardi said:

pak sby yang terhormat,jepang kalah dalam pd II.dan aspek pertama yang dibangun adalah pendidikan.dan terbukti sekarang.tolong indonesia di prioritaskan pendidikannya.50%

rochman sabardi said:

pak sby, selanjutnya perbanyak sekolah gratis.kata orang bijak:orang berilmu akan diangkat derajatnya oleh Alloh SWT.maka agar indonesiaku tercinta ini bangkit.ya...pendidikan di optimalkan....thayyib!!!

About this Entry

This page contains a single entry by published on October 21, 2004 3:49 AM.

SBY disumpah was the previous entry in this blog.

Kabinet Indonesia Bersatu is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Powered by Movable Type 4.01