Survey dalam Angkot

| | Comments (8)

Salah satu hal yang sangat menonjol dalam pelaksanaan Pemilu kali ini adalah banyaknya warga yang tidak mendapat kartu pemilih. Tentunya banyak warga yang tidak memberikan suaranya, di luar golput.

Tidak perlu jauh-jauh, di Jakarta saja banyak yang mengalami hal tersebut. Terutama warga yang tinggal di kos-kosan atau rumah kontrakan.

Iseng-iseng, tadi pagi saya melakukan pengamatan di dalam angkot yang saya tumpangi. Angkot yang ditumpangi adalah mikrolet jurusan casablanca, yang rata-rata penumpangnya adalah karyawan kantoran daerah kuningan dan sudirman. Orang yang kemarin nyoblos tentunya masih ada tanda tinta di jarinya.

kelingking1.jpg

Ternyata dari 10 orang penumpang, 5 di antaranya tidak ada bekas tinta di jarinya. Baik kelingking kiri, ataupun jari yang lainnya. Artinya 5 dari 10 orang dalam angkot tersebut tidak menggunakan hak pilihnya.

Kalau saja saya nekad mengambil kesimpulan dari situ, berarti 50% warga Jakarta tidak ikut nyoblos. Wah, banyak sekali ya?

Tapi jangan panik dulu, namanya juga survey ngaco di atas angkot, tentu saja sampling errornya gede banget.

8 Comments

enda said:

loh kmrn gue yg dikenain tintanya kok malah JEMPOL kiri, itu juga bingung, trus ini ngasih cap jempolnya dimana pak? heheh

erly said:

Pak Enda, mungkin jari anda jempol semua, hikhihiihi... :p

prazz said:

kemaren sore, di kost-nya angga, 3 dari 5 orang yg ada di dlm kamar itu jarinya masih pada bersih...
dan itu ketiganya adalah anak kost... :D

balq said:

Ujung klingking gw cuma kena tinta sdikit, tapi gak ilang2 nih. malah jadi keriput. Apalagi yg kecelup kaya di pic itu ya ly..

Yudha said:

kayaknya semua orang melakukan hal yg sama deh, setiap naek angkot pasti saling lirik tangan :)

dodi said:

untungnya lo ngga nemuin orang yang kelima jari pada tangan kirinya bertinta semua. atow orang yang kedua belah tangannya penuh tinta. yg terakir ini mungkin adalah survivor dari para kuli tinta yang katanya udah pada jadi kuli disket, eh, kuli flashdisk. atow, mungkin juga distributor tinta dari tps ke tps, tapi dalam itungan galon2an!

donna said:

gue liat di salah satu tivi swasta, di situ dikasih tau gimana caranya ngebersihin tinta bekas pemilu. gampang banget ternyata, cuma pake pemutih pakaian dan sikat gigi kecil bekas (btw, mine's gone last nite). untung nggak dikasih tau tanggal 4 april...

dee said:

quote "atow orang yang kedua belah tangannya penuh tinta"
eh ada tuh ada..bapak ketua kpps ato orang yang kerjaannya bantuin nge cap in stempel di kertas suara..soalnya tangannya belepotan tinta huehehhee

About this Entry

This page contains a single entry by published on April 6, 2004 10:29 AM.

Hasil Perhitungan Suara Pemilu was the previous entry in this blog.

Kegagalan KOMPAS Melaporkan Berita 100% is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Powered by Movable Type 4.01