Sekali-sekali berita positif

|

Jangan yang negatif terus, sekali-sekali berita positif: :)

Dana R. Dillon, seorang Analis Kebijakan Senior-nya Asian Studies Center di The Heritage Foundation, think tank-nya partai republican/conservative US menurunkan analisa dengan judul Elections in Indonesia: Already a Success

Di dalamnya dia menulis bahwa bahkan sebelum dilakukan pemungutan suara hari Senin nanti, Pemilu Indonesia sudah tergolong sukses.

Dia melanjutkan dengan menulis bahwa Indonesia dan rakyat Indonesia telah melakukan kemajuan luar biasa dalam mendemokratisasikan pemerintah dan masyarakatnya, dimana hasil dari pemilu ini nantinya tidak lebih penting dari kesuksesan prosesnya.

Even before the first vote is cast in the legislative elections on Monday, April 5, 2004, the Indonesian elections are a success. Indonesia and Indonesians have made remarkable strides in democratizing their government and society, and the outcome of the election is less important than the success of the process.

Ada beberapa sebab yang membuat dia menurunkan analisis optimis diatas:

1. Secara institusional dalam pemilu ke 2 setelah berakhirnya kekuasaan Soeharto telah terjadi perbaikan2x institusional. Jika pada pemilu sebelumya pemilih hanya dapat memilih partai dimana kemudian partai yang memilih siapa wakil kita di DPR, maka di pemilu besok, pemilih dapat memilih wakilnya secara regional dan pada bulan Juli pemilih, untuk pertama kalinya, akan dapat memilih Presiden secara langsung.

2. Masih secara institusional, DPR baru nanti tidak akan mengandung unsur militer dan polisi yg ditunjuk langsung.

3. "Indikasi makin matangnya masyarakat sipil Indonesia*, terlihat dengan menurunnya jumlah kekerasan dalam pemilu. Tercatat ratusan orang meninggal pada pemilu 1997, 175 orang pada tahun 1999, dan pemilu kali ini hanya mencatatkan 10 angka kematian yg bersangkutan dengan kekerasan pada pemilu.

4. Kematangan masyarakat sipil juga terlihat dari meningkatnya kemampuan polisi dalam memberlakukan peraturan lalu lintas dan pengaturan saat kampanye dibandingkan dengan pemilu sebelumnya.

5. Ekonomi, indikasi positif lainnya adalah tidak terpengaruhnya Bursa Efek Jakarta terhadap musim kampanye yang menunjukkan kestabilan politik.

Tentu aja mengharapkan segala sesuatunya jadi bagus ga mungkin, tapi minimal kita sudah mulai melangkah ke arah yang benar. Mudah-mudahan.

About this Entry

This page contains a single entry by enda published on April 3, 2004 9:36 AM.

Contoh Surat Suara was the previous entry in this blog.

Reminder Foto Pemilu Caleg is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Powered by Movable Type 4.01