SBY disumpah

| | Comments (16)
sby sumpah presiden
SBY resmi menjadi Presiden RI ke enam, 2004-2009 setelah membaca sumpah/janji jabatan pada pukul 10.25 WIB pada sidang MPR pada usia 55 tahun.

"Atas nama Tuhan, saya bersumpah bahwa sebagai Presiden Republik Indonesia saya akan menjunjung hukum dan UUD... dan mengabdi pada bangsa."

Setelah SBY, giliran Jusuf Kalla membacakan hal senada.

Prosesi pengucapan sumpah dihadiri 5 pemimpin negara (untuk pertama kalinya pengucapan sumpah ini dihadiri pemimpin negara lain) sebagai bentuk dukungan regional: Sultan Brunei, PM Australia, PM Timor Leste, PM Malaysia dan PM Singapura.

Megawati tidak hadir pada prosesi pengucapan sumpah ini.

Presiden RI ke 6 ini adalah Presiden PERTAMA yang dipilih langsung oleh rakyat sejak sejarah Indonesia berdiri, yang tidak pernah terjadi sebelumnya.

Kata beberapa orang tua, SBY menjadi presiden mengingatkan pada saat Soeharto menjadi presiden di tahun 60-an, a smiling general yang disukai banyak orang.

sby cikeas
Bedanya, kali ini SBY tidak memiliki kekuasaan penuh untuk berbuat apa yang dia mau. Ada komunitas global internasional yang waspada, ada lawan-lawan politik di DPR, ada press yang lebih bebas, ada masyarakat yang makin pintar dan terus belajar dan ada aturan di UUD yang menyatakan presiden hanya boleh menjabat selama dua kali masa jabatan.

Optimis? You bet, kapan orang Indonesia ga optimis. :)

Note: Pengumuman kabinet akan diumumkan rencananya pada pukul 15.00 hari ini dari Istana Negara

More news dari kantor berita asing:

16 Comments

Daripada presiden disumpah, mendingan disumpahin.

Begini sodare, sodare, saya mau tanya. Jikalau presiden dan wakil presidennya mati nanti sore sebelum pelantikan menteri, siapakah yang menggantikannya?

Ketua MPR? DPR? DPD? Atau pemilu lagi?
Atau Ketua KPU dan Ketua Mahkamah Konstitusi.

Juga saya mau tanya, Presiden bertanggungjawab sama siapa ya? Wong dia nggak dipilih dan diangkat MPR.... Terus juga, apakah betul presiden boleh mencalonkan diri sebelum pertanggungjawabannya diterima oleh MPR. Apa masih Presiden bertanggungjawab pada MPR?

Jadi gimana sih sebenernya sekarang ini tata cara pemerintahan kita.

Bingung saya.

Yaaah keduluan gue....

Kapan gue bisa nomor satu ya? Jadi gimana nih.... saya mau jawab... ah udah ah, males.

Mau buka puasa aja ah...

buruk_rupa said:

gak tau ya, intuisi gw ko bilangnya SBY emang mirip Soeharto. Manis dimuka, Pahit diblakang.
Soeharto juga karna senyumnya manis terus dijadikan presiden, tapi kenyataannya...

fitra said:

Alhamdulillah..
Mari kita sambut pemerintahan baru dengan semangat yang baru.

piko said:

sebelum kabinet dibentuk Sebenarnya Bung Andi Mallarangeng idak cocok jadi juru bicara presiden tapi cocok memjabat Menteri dalam negeri karena beliau adalah pakar otonomi daerah

Ben said:

pengumuman kabinet Indonesia Bersatu molor berkali-kali tuh... hampir midnite baru diumumkan...

Agus said:

Bung JK , yang bener gimana sih koq ya masih ga bener aje negare kite, trus yang bener ni macam mana jangan asik nyalahkan orang tapi tak pandai kasi lurus/betul Mestinya SBY kan udah dipilih oleh sebagian besar / banyak rakyat Idonesia jadi udalah mari kita dukung aja moga - moga aja negara kita bisa aman damai /sejahtera/gampang cari sandang pangan / biaya anak sekolah tidak terlalu mahal kalo dapat gratis deh sal gurunya kan dah digaji oleh pemerintah . Trus menurut kamu sih gimana n sapa sih yg pantes hya jadi Presidan, ketua MPR?DPR ? trus aturan yang macam mana yang baik untuk RI coba kamu kasi buah fikiran yg positif

Syahrani said:

mending kita ngucapin Bismillah.... bareng-bareng demi kesuksesan SBY-JK.. Kita berpikir positif aja... Pak Andi memang pakar otada, tapi Pak Ryaas lebih senior tapi tak ditunjuk jadi menteri :( Jadi yaaah jadi jubir Presiden aja cukuplah buat makani anak istri.. Uuuppsiiee bulan puasa gak boleh ngomongin orang.. :D

balq said:

selamat bertugas pak SBY & pak yusuf. bismillah ya pak.

Saya nitip pesen, tolong itu cukong2 penebang kayu diberantas habis. ok pak. tengkyu nih.

sagita said:

Selain fitra,balq dan piko,omongan disini pada gak pake aturan bisanya protes doang,kalau kalian bisa jalanin sendiri pemerintahan jalanin aja, jgn bisanya ngomong dan protes doang.kalian harus bisa terima pemerintahan sekarang,biar kalian protes sana sini gak akan bisa rubah semua.yg mesti dirubah diri kalian sendiri yg harus bisa menerima kenyataan,tanpa jadi jubir juga mereka bisa kasih makan anak istrinya koq.gak usahlah berfikiran sepicik itu.

Riri said:

hiii God Day everybody..piss dulu deh, no choice kan..so, congratz aja buat pak SBY-JK, semoga bisa menjadi pemimpin yang adil, dan gak ngedadak jadi buta, tuli, dan kebal rasa...klo tuli pas di kritik wahh gawat neh..klo ada yang berkomentar pedas di blog ini yah wajarlah, itukan salah satu respon dari orang2 yang sangat perduli terhadap nasib Indonesia..wong kita adalah pemilik saham terbesar Indonesia,masak harus kunci mulut..??? berkomentar bukan berarti menolak loh??? Betul tak?? HIDUP PRESIDEN BARU KITA!!! *_*

mia said:

SBY &JK Met berjuang. dukung bangsa ini dengan penuh keikhlasan dan kerja keras. tolong bantu bangsa ini dengan mendorong rakyatnya lebih maju lagi dan memperbaiki pola pikir rakyat ini menjadi lebih maju lagi. Saya pesan tolong para anak jalanan dan tangkap para mafia yang menerjunkan anak jalananan ke jalanan. Wasalam

Jupar Kasparding said:

Bung Agus,

Lha makanya saya tanya. Karna saya bingung dengan susunan dan kedudukan presiden, DPR, DPD, MPR, Mahkamah Konstitusi, dan KPU.

Saya gak tau jadinya, makanya nanya.

Usul... buat apa usul? Emang ada yang dengerin gitu?

bayu said:

ga ada coment

bayu dps said:

yg penting kt liat aja dulu gmana aturan main pak SBY DAn pak JK ntar kalo ada yg menyimpang kan bisa demo.

soekarno files said:

marilah kita mengencangkan daripada ikat pinggang agar supaya negara in mencapai tujuannya dengan baik. jangan ada lagi kritik pedas yang terlontar dari mulut-mulut besar yang hanya bisa berteriak di jalan-jalan, mencaci maki orang seenaknya, tetapi berjiwa anarkis. kita sudahi semua konflik dan dendam antar komponen bangsa, sebab kita satu saudara sebangsa dan setanah air, hanya Pancasila satu-satunya ideologi yang bisa kita terima sebagai pemersatu

About this Entry

This page contains a single entry by enda published on October 20, 2004 1:18 PM.

Prediksi Kabinet SBY (hampir final) was the previous entry in this blog.

Susunan Kabinet "Indonesia Bersatu" SBY-JK Masa Bhakti 2004-2009 is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Powered by Movable Type 4.01