Presiden Indonesia versi Google.com

| | Comments (12)

Google.com si mesin pencari no 1 tentu aja ga bisa dijadikan patokan tentang siapa yang paling populer dari para kandidat bursa capres dan cawapres yang akan kita pilih di Pemilu Presiden bulan Juli mendatang.

Sebab utamanya tentu karena BIAS. Pertama untuk calon-calon yang sudah menjabat seperti Megawati maka tentu lebih banyak website yang mencantumkan namanya.

Kedua belum tentu ketika nama seorang capres/cawapres tersebutkan namanya di website-website di Internet, penyebutan itu dalam rangka sesuatu yang positif.

Di alam Google, berita positif dan negatif sama-sama menyumbangkan hitungan dalam banyak atau sedikitnya sebuah nama muncul.

Nevertheless teteup aja cukup menarik melihat konstelasi kepopuleran calon capres dan cawapres kita di alam maya. Setelah beberapa kali ketik dan menghabiskan beberapa menit, maka dibawah ini lah susunan pasangan Presiden dan Wakil Presiden yang paling populer (negatif + positif) menurut Google:

  1. Wiranto (81,800) - Solahuddin Wahid (2,140) = 83,940
  2. Megawati Soekarnoputri (40,100) - Hasyim Muzadi (18,100) = 58,200
  3. Amien Rais (54,400) - Siswono Yudohusodo (1,390) = 55,790
  4. Susilo Bambang Yudhoyono (22,900) - Yusuf Kalla (7,900) = 30,800

Sekilas kita lihat diatas, pasangan Wiranto dan Gus Solah adalah pasangan paling populer di Internet dan yang cukup mengejutkan ternyata pasangan SBY dan Yusuf Kalla menempati posisi paling akhir.

Tapi jangan kebakaran jenggot dulu, karena faktor SBY yang namanya cukup panjang untuk ditulis mungkin punya kontribusi disini.

Di lain pihak, jika kita tuliskan Megawati saja tanpa Soekarnoputri maka hitungannya melonjak menjadi 225,000 ini tentu saja memasukkan faktor penulisan Megawati di website2x berita selama beliau menjabat sebagai Presiden.

Megawati (225,000) - Hasyim Muzadi (18,100) = 243,100

Faktor nama yang pendek vs. panjang dicurigai juga berpengaruh pada nama Wiranto seperti juga pada SBY. Dan bagaimana jika Cawapres dari Partai Golkar bukannya Gus Solah tapi malah Hamzah Haz? Hasilnya dibawah ini:

Wiranto (81,800) - Hamzah Haz (32,900) = 114,700

Wiranto (81,800) - Solahuddin Wahid (2,140) = 83,940

UPDATE 11/05/04:
Ternyata Hamzah Haz mencalonkan diri sebagai presiden dan memasangkan dirinya dengan Agum Gumelar sebagai cawapres. Sehingga tidak perlu ada keraguan lagi siapa pasangan Wiranto diatas.

Bagaimana kepopuleran pasangan satu ini?

Hamzah Haz (32,900) - Agum Gumelar (5,910) = 38,810

Masuk di urutan ke 4 pasangan CAPRES - CAWAPRES ala Google, di atas pasangan SBY - JK

12 Comments

avianto said:

enda, loe gak ada kerjaan selain nungguin istri ya? hehehehe, bisa2nya loh...
salut deh pak!

dodi said:

huhauhauhauhua. bagus bagus! coba kalo wiranto dipasangin ama SBY, trus di search, yang keluar malah situs2 anti-militerisme kali..

ucok said:

Enda pengguna google terbaik. Kalo google pake pay-per-click sistem rekening ni anak bisa gedenya gimana kali yah kehkehkhe...

Btw,UN just issued a warrant against Wiranto.

Herman Hardiansyah said:

Hidup "AMIEN RAIS"itulah calon presiden kita,dijamin deh dia mampu membangun bangsa yang sedang terpuruk ini.tahu ga apa itu Amien Rais? Amien artinya :dipercaya sedang Rais :Raja/Presiden jadi amin rais adalah presiden yang dipercaya

Rommy said:

Kalau Enda Nasution (3,130) + Nita Yuanita (210) = 3,340


^_^

syamsul said:

Pasangan Wiranto - Gus Solah, ternyata memang pasangan yang paling MATANG.

TRIO said:

pokok nya ,anti militer dech ,anti maling, dan ngga
so berkuasa ....dan BIKIN INDONESIA AMAN,damai,sejahtera ,
USIR TUH ORANG ORANG YANG
ENGGA BERTANGGUNG JAWAB,kaga menghargain para pejuang jaman dulu tuh ......REFORMASIIIIIII..........REFORMASIIII.....

rachman syah said:


Mega sengaja nggandeng Hasyim tuk cari kaum nadhiyin,Wiranto dari Golkar emang licik juga ngambil dari cawapres dari NU, sedangkan SBY masih militer dan anda tahu kudatuli atleast dia masih terlibat krn waktu Kasdam masak nggak tau apa-apa, Hamzah emang nggak capable lagijadi wapres cuman ngegentung sama Mega, nad Kita coba si Amien Rais backgound dari Akademis, orangnya Islam modern, pencetus KKN pada waktu Era ORBA
nah kita coba pilih Amien - Siswono

rio said:

Presiden di indonesia merupakan status yang cukup hebat didengar tapi keputusan-kepusannya lebih banyak menguntungkan sebagian orang daripada orang kebanyakan.

hendro said:

Mari kita dukung seluruh capres/cawapres agar berkompetisi secara sehat.

Hidup Mega!!!
(NB: Kalo Mega gak lolos ke putaran II, saya pilih pak Amien aja deh)

wangsana said:

aku pilih siapa aja yang terpilih, lalu nanti aku mulai mikirin capres berikutnya, lalu aku ikut lagi pemilunya, lalu aku pilih lagi yang terpilih.. gitu aja lah.. toh sekarang atau nanti, aku tetep aja harus cari nafkah supaya anak istriku bisa makan dan bisa sekolah.

Girl_c said:

SBY adalah seorang tokoh yang berwibawa dan dia cocok jadi presiden kita untuk sekarang ini, sedangkan si wiranto adalah orang yang licik ,dia adalah tokoh yang termasuk sumber dari kerusuhan mei yg lalu,dia adalah dalangnya, kalo bkn, di mana dia waktu semua etnis tiong hua pada minta pertolongan,waktu cew tiong hua sedang di perkosa,dia jahat, gua lebih dukung
Susilo Bambang Yudhoyono

About this Entry

This page contains a single entry by enda published on May 10, 2004 12:12 PM.

GolPut dan GolTam was the previous entry in this blog.

Jadwal kegiatan Pemilu Presiden - Wakil Presiden is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Powered by Movable Type 4.01