Polling dan Jajak Pendapat (Pemilu Presiden Capres)

| | Comments (5)

Tulisan ini dirangkum dari tulisan Denny JA di Suara Pembaruan dengan judul Jajak Pendapat untuk Capres

Setelah sekian banyak polling di masa sebelum pemilu, maka polling mana yang paling akurat jika dibandingkan dengan hasil akhir penghitungan suara KPU pada pemilu legislatif 5 April 2004? Dalam kata-kata Danny JA, ".. mana yang dapat menjadi indikator jajak pendapat mana yang layak dipercaya, dan yang mana hanya menjadi hiburan lepas senja."

Polling SCTV:
PKS menang pemilu dengan perolehan suara sekitar 45%

Nyatanya:
Perolehan PKS hanya sekitar 7%

Detik.Com + Media Indonesia (polling internet):
PPP memperoleh suara di atas 20%

Nyatanya:
Hanya memperoleh 8.15% suara

Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS):
Perolehan PDI-P jauh di atas Golkar

Nyatanya:
Sebaliknya, Golkar 21.58% dan PDIP 18.53%

PREDIKSI TERAKURAT
Lembaga yang berhasill memprediksi tiga pemenang teratas (Golkar, PDIP dan PKB) pemilu parlemen 2004:

LSI bahkan sudah memprediksi bahwa PKS dan Partai Demokrat akan masuk dalam jajaran partai papan tengah dengan perolehan kursi di atas 5%

TINGKAT KESALAHAN

  • SMS SCTV sekitar 12%, responden mendekati 200.000 orang (terbanyak)
  • LSI untuk 7 partai pemenang pemilu hanya 1,6%, responden 1.200- 2.700 orang, prediksi jauh lebih akurat karena kekuatan metodologi (metodologi apa saya juga ga ngerti hehe)

JADI SIAPA PRESIDEN?
Survei LSI (sejak Maret 2004) menunjukkan SBY sebagai capres paling populer

bener ga? mari kita tunggu saja tanggal mainnya :)

5 Comments

dodi said:

akurasi polling di tv itu emang meragukan! alesan sederhananya adalah penggunaan fasilitas hp sebagai media polling, sementara pengguna hp di seluruh republik ini ga nyampe 25% kali. di antara pengguna hp itu pun berapa kira2 yang cukup peduli utk ikutan polling? banyakan yang ngirim ke AFI kali..

Mbah Dukun said:

Selingan ah... Ramalan Bintang buat Capres

Mbah Dukun said:

Selingan ah... Pasangan Capres menurut Astrologi

Sigariho said:

Polling capres saai ini "sangat tendensius" dipengaruhi oleh misi lembaga yang bersangkutan, ini sangat kejam! Lembaga itu yang berisikan pakar dan doktor2 bangga dapat orderan dari capres dengan imbalan sejumlah uang. Parahnya semua ikut2 termasuk TV dan Surat kabar.

protol said:

ini mah sama dengan iklan ayam siapa yang paling jago... ya jelas yang ngomong...
meskipun didukung dengan bebarapa data tetapi sayangnya tidak semua data hasil survei LSI yang dikasih tahu. Pokoknya yang akurat-akurat saja yang dipaparkan, sedangkan yang keliru diumpetin dalam-dalam. Kalo kesalahan ketahuan ...pasti alasannya itu hasil survei dari masyarakat .. masyarakat ngomong gituan kita mah hanya merekam apa adanya. Tapi kalo hasil surveinya mendekati keakuratan... langsung diklaim sebagai keberhasilannya. nih gua jago survei ..jago narik sample makanya hasil survei gue hampir bener.. iya..nggak iya nggak.. ? Emoh aku... Misalnya kalo LSI dari awal udah salah ngasih prediksi tentang perolehan PKS dan PD. seingat saya dulu kagak dihitung sama sekali.
yang kedua ketika hasil pooling LSI tidak diperhatikan orang sedangkan poling sms di SCTV jadi pembicaraan orang Sdr Deny berteriak-teriak kemana-mana tentang keabsahan pooling tsb. Emangnya masyarakat peduli dengan pooling yang dihasilkan LSI yang direkturnya Deny sendiri. Tak useh ye..
saya sendiri tidak pernah bisa percaya dengan jajak pendapat yang ada saat ini. LSI waktu awalnya personelnya sangat mendukung Mega, popularitas mega luar biasa ..belakangan Deny LSI dukung SBY .. popularitas SBY melonjak langsung. Coba Wiranto dulu ngasih bantuan ke LSI pasti deh dijamin peringkatnya juga melonjak. Amin Rais.. kagak usah diperhatiin soale gak ada duitnya. He..he..

About this Entry

This page contains a single entry by enda published on June 8, 2004 12:06 PM.

Jumlah Pemilih Presiden 153 Juta was the previous entry in this blog.

Kontrak Politik? Siapa takut! is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Powered by Movable Type 4.01