Perolehan Kursi DPR RI

| | Comments (3)

Ngomong-ngomong itu penghitungan (perhitungan) hasil Pemilu 2004 statusnya gimana sih udah selesai atau belum? Kayaknya masih nunggu pehitungan manualnya ya

Aniwei, dari website PresidenRI.or.id didapat data yang menarik tentang perolehan kursi DPR RI dari tiap-tiap Partai dan walau data ini bisa juga kamu liat di bagian hasil penghitungan suaranya site KPU tapi ga disajikan dengan enak.

Hasilnya partai-partai peraih kursi DPR adalah seperti dibawah ini:

1. [20] Partai Golkar 133 kursi
2. [18] PDIP 108 kursi
3. [15] PKB 53 kursi
4. [ 5] PPP 57 kursi
5. [ 9] Partai Demokrat 57 kursi
6. [16] PKS 48 kursi
7. [13] PAN 50 kursi
8. [ 3] PBB 11 kursi
9. [17] PBR 13 kursi
10. [14] PKPB 2 kursi: (Lampung II, Bali)
11. [19] PDS 10 kursi
12. [10] PKPI 3 kursi: (NTT I, NTT II, Maluku)
14. [ 6] PDK 2 kursi: (Sulsel I, Sulsel II)
18. [11] PPDI 1 kursi: (NTT I)
19. [ 4] Partai Merdeka 1 kursi: (NTT I)
22. [ 7] PIB 1 kursi: (Papua)

Nah perhatiin hal-hal yang MENARIK. Partai diatas diurutkan menurut hasil perolehan SUARA yg mereka raih, tapi setelah 12 besar, justru ada Partai-Partai dengan perolah suara yg lebih besar JUSTRU tidak meraih kursi dan partai seperti PIB yg masuk no bontot 22 dalam urusan jumlah suara tapi meraih kursi (walo emang cuma 1 kursi).

Ini konsekwensi dari sistem pemilu baru yang tidak lagi murni dengan sistem proporsional.

Untuk partai-partai yg meraih cuma 1 atau dua kursi, diatas dilengkapi juga dengan keterangan dari Daerah Pemilihan mana kursi itu diraih.

Untuk Partai lain, jika kamu ingin tahu dari Daerah Pemilihan mana saja kursi mereka diraih maka keterangan lengkap dari ada di site PresidenRI.or.id

Cross-reference kan dengan informasi di Tabulasi Nasional Pemilu untuk masing-masing Daerah Pemilihan, maka kurang lebih akan kamu dapatkan nama-nama Calon Legislatif yang akan duduk di DPR RI sementara ini

3 Comments

lingga said:

tolong kasih tau dong berapa perolehan suara partai pib di propinsi lampung

atori said:

Ada yang ngerti gak, peroleh setiap provinsi untuk semua partai atau PD dan PKS to! terus ada yang ngerti juga AD/ART PD, tolong ya, Aq butuh banget buat Skripsi. Makasih !
Atori
atori_2001@yahoo.com
08161827651

A'an said:

mas lingga, ini perolehan Partai PIB dilampung, walau dah terlambat, yah dari pada tidak khan :)

untuk DPR RI bisa liat ditabulasi nasional kpu.

buat DPRD Propinsi 22738 suara untuk semua dapil, dan

untuk DPRD Kab/kota berjumlah 27445 suara juga dari semua dapil.

semoga ada guna tuh mas, :D

salam kenal

About this Entry

This page contains a single entry by enda published on April 23, 2004 11:20 AM.

Mencari Presiden Indonesia was the previous entry in this blog.

PKS yang santun is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Powered by Movable Type 4.01