Pendukung Amien Rais Website

| | Comments (61)

Website-website yang mendukung pasangan capres dan cawapres bermunculan. Edisi posting kali ini menampilkan website yang berhubungan dan mendukung Amien Rais - Siswono sebagai calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilihan presiden 2004 nanti. Dibawah ini beberapanya:

Amien Siswono.com

Pusat Informasi Amien Rais Yogyakarta

Amien for RI 1

Amien Siswono Blog

Mailing list Amien Siswono

Hubungan antara website-website diatas dengan tim kampanye Amien - Siswono sendiri tidak diketahui dengan jelas, tapi website resmi dari Amien Rais sendiri bisa dilihat disini:

M-Amien Rais.com

Tolong diberitahun jika ditemukan website pendukung lainnya, baik untuk Amien Rais ataupun capres lainnya.

61 Comments

Makasih Mas Enda, blognya AmienSiswono sudah dicantolin disini, kemaren jadi kebanjiran pengunjung he..he... Memang blognya Mas Enda keren habis deh, selamat mas. Makasih mas yaa..

enda said:

sama-samaa :)

reformis2004 said:

Yang butuh file ar-wong cilik.pdf,
diambil dari salah satu biografi AR. Kontak saja
reformis2004@yahoo.com.
Atau yang belum punya 'program' AR, fitnah & realita.

FEN said:

Melihat dari CV. Capres SBY, latar belakang pendidikan yang American Minded alias bolak balik Amerika yang katanya sekolah, saya curiga ybs. Agent CIA.
Mungkin gak sih, sekolah atas biaya dinas sebanyak gitu, bossnya aja Wiranto Sekolah di UT.

doni said:

Silakan tambahkan web site http://www.arsis4ri.org/ bikinan sbg masy Indonesia di Amerika Utara. Isinya kumpulan berita terkait dg ARSIS, platform ARSIS, dan artikel pendidikan politik. Silakan mampir.

rusly muhammad said:

aku sebenarnya suka sm amin rais ! tp aku bingun sm dia ! org bilang dia adl tokoh reformasi tp kog memilih pasangan eks pejabat di era orde baru !!! apa bisa bs dipercaya !

robert said:

dikutip dari kompas24/6/04
......
Itu, misalnya, ditunjukkannya dengan membuat laporan tentang jumlah
kekayaan sebelum dia diangkat menjadi menteri oleh Soeharto. "Sebelum
diangkat menjadi menteri, saya melaporkan kekayaan. Saya bilang,
silakan Bapak periksa, jika bertambah kaya secara tidak normal. Pak
Harto tampak agak bingung, tapi dia waktu itu cuma manggut-manggut,"
ujar Siswono suatu saat.

Begitu juga perlakuannya terhadap perusahaannya. Begitu menjadi
Menteri Perumahan Rakyat, Siswono langsung mencoret PT Bangun Cipta
Sarana dari daftar rekanan dan dari kegiatan proyek pembangunan Perum
Perumnas. Padahal, perusahaan Siswono justru dikenal sebagai jagonya
perumahan rakyat. Bahkan, perusahaan itu juga dicoret dari proyek
pembangunan Gelora Senayan dan Kemayoran karena Siswono menjadi Wakil
Ketua Yayasan.

Ketika menjadi Menteri Transmigrasi dan Pemukiman Perambah Hutan, dia
juga mendepak perusahaan miliknya. Padahal, perusahaan kontraktor
besar yang didirikannya itu telah lama menjadi rekanan Departemen
Transmigrasi dalam membuka lahan transmigrasi di Sumatera Selatan,
Bengkulu, Kalimantan Timur, dan beberapa kawasan lain. "Kalaupun saya
bertindak fair terhadap perusahaan saya, orang pasti akan ngomong
lain. Jadi, lebih baik saya coret," ujarnya.
................................

Alim said:

Mas Robert!
Mana Ada maling ngaku maling!!!!
yang ada maling ngaku Ustads!
apalagi perusahaan HPH kan sekarang yang jadi biang Asap yang diekspor ke negeri Jiran!!
Hmmmm.....!!!

linces said:

to mas enda
sorry ya... ini bukan sbg komentar atau sejenisnya hny skedar apa gitu. apakah mas endah sengaja membuat ini untuk agar kita-kita berantem di forum (propokator)
he....he....

enda said:

lebih baik brantem terbuka kan daripada diem2x sok aman, padahal mangkel di dalam hati :)

AB. AMBARITA said:

kepada para pemilih presiden 5 juli 2004, mohon hati-hati kandidat yang keluar dari "habitat"nya, merapat ke muslim untuk minta dukungan padahal setelah itu berkhianat, atau jangan-jangan mereka gak "pede" tanpa dukungan komunitas muslim. kalo berani dan "pede" carilah dukungan di habitatnya jangan jadi orang "taat" dadakan, tak bermoral.

april said:

pak Kalla bilang keempat capres pernah dipecat Gusdur kecuali Amien Rais. malah Amien yang pernah mecat Gusdur. Na Loh

pepper said:

bapak-bapak, ibu-ibu, saudara-saudari... saya belum bisa ikutan nyoblos..

rahadian said:

kayaknya amien gak bakalan menang mas...
hikss...

syahrul said:

Emang udah diprediksi dari awal mas!! pak Amien Gak bakalan lolos ke Put. kedua!! So jangan berkecil hati ada Pak SBY-MJK yang akan membawa aspirasi anda!!

yadin said:

kalo pak Amien gak lolos berarti poster kampanye kemarin berubah jadi ..BELUM SAATNYA KEJUJURAN MEMIMPIN BANGSA ...!!!, hanya keledai aja yang jatuh ke dalam lubang yang sama !!!, Pemilu 1999 Ibu Mega terpilih lantaran orang simpati karena dia zhalimi ORBA. Sekarang SBY...

Syahrul said:

Loooh Jangan pesimis gitu doong mas yadin!!
Emang cuma pak Amien yang jujur!! dan emang udah kenal baek dengan pak SBY - MJK hingga menganggapnya gak jujur!!
Cobalah berpikir jernih
liat dengan tanpa buruk sangka!!
Insyaallah anda akan mempunyai optimisme dan harapan yang besar!!
wassalam

ayu said:

waduh.. hasil sementara suara pemilu utk Amien Rais kecil.di posisi ke empat pula. tapi saya tetep dukung pak Amien seorang.sampai kapanpun. karena keberadaan beliau tidak ada yang bisa menggantikan beliau. bahkan suara saya nanti pada putaran ketiga tidak akan saya jual buat capres lainnya selain pak Amien-Siswono.

gfh said:

terimalah dengan sikap legowo.

fgjhg said:

terusterang saja. kemenangan sby tidak lain karena bantuan saya yang merupakan seorang dukun :)
Backup spiritual untuk pak amin termasuk energy hasil puasanya telah saya sedot dan saya transfer ke sby sekaligus wahyu kepresidenan.
mampuslah kau amien rais :)

sebetulnya rencananya suara rakyat untuk amien mau saya buat drop banget biar amien malunya malu banget tapi sayang pas malam pemilu saya sibuk main internet tuh jadi gak sempat tirakat. namun itu aja udah cukup kan :)
krn memang sudah lama saya kerjakan yaitu sejak pemilu parpol. krn itulah PAN juga drop amat.

saya adalah org pertama yg berhasil mengacaukan ramalan eyang prabu Jayabaya untuk pertama kalinya. dimana dulu eyang prabu pernah meramal "kelak pemimpin indonesia akan berasal dari gunung tidar (magelang)" ya bahkan pembaca koran posmo pun berdasarkan ramalan ini juga mengatakan begitu tapi selama masih ada saya jangan harap ya
hahahahahahahhahahahaha......... !!!!

fgjhg said:

makanya, jadi org jangan terlalu sombong. dulu anda (amien rais) bisa terkenal kan garagara gerakan mahasiswa aja. kok sekarang mau numpang beken. gak tau malu!!!
org seperti sri bintang pamungkas lebih pantas untuk maju sbg capres daripada anda, krn dia lebih bersungguhsunnguh dalam berjuang. dia yg lebih tepat menyandang motto: Berani, Jujur, dan Cerdas!!!! sedangkan anda?? coba lihat wajah anda. mirip tikus got!!! apa wajah seperti yg ingin kita lihat di setiap ruang sekolah? tentu tidak. saya lebih suka melihat tampang ganteng, dan saya lihat yg paling ganteng cuma sby krn itu saya pilih dia aja hahahahahahaha....!!!!!

temannya Amien said:

Amien Rais itu orangnya punya dua kepribadian. Didepan umum kesannya mendukung , tapi dibelakang nusuk. Dulu waktu dia dukung Megawati, di belakang dia malah ngatain "hihi pembantu kok jadi presiden" ... dari situ gw berjanji gak akan milih Amien.

paijo said:

Menurutku Pak Amien masih lebih baik dari calon yang lainnya sayang sekali Pak Amin masih kurang pendukung, tapi inilah aturan mainnya..dalam demokrasi yang dihitung adalah jumlah kepala bukan isi kepala kata Pak Hasyim Muzadi..

Mawar said:

Kalau sudah bisa main email mestinya punya isi dong itu kepala,koq bahasanya berlepotan, meminjam kata SBY mbok yang santun gitu lho malu dong sama semut merah.

estining widyastini said:

Assalamualaikum,wr.wb
Dalam belajar demokrasi, kalah, menang hal yang biasa.Bagi pendukung Pak Amin yang kecewa, mari kita bermunajad sama-sama, agar Pak AMin tetap menjadi orang yang bijaksana,tawadduk.Yang terbaik belum tentu bisa menang.Karena faktor di luar logika kita.Itulah politik.Itulah Demokrasi.Mari sama-sama kita tingkatkan ketaqwaan kita, semoga saudara-saudara kita menyadari apakah benar pilihannnya sesuai nurani, atau mengikuti selera pasar.Karena memang benar jumlah kepala tidak sama dengan isi kepala,lebih-lebih isi qalbu kita.Hanya kita sendiri yang tahu.
wassalam, esti

marineliner said:

assalamu'alaykum,
Update Terakhir : Kamis, 08-07-2004 15:37:14
DKI Jakarta | Jakarta Utara | Koja | TUGU UTARA
http://tnp.kpu.go.id/desa/00/25/4/index.html
TPS 015 = 3175040003015
Total suara 207, pak Amin & Siswono = 103 = Juara I
koq belum masuk ya?
Allahu a'lam wa bishshowab.

enda said:

ya tunggu aja, kan penghitungannya juga belum selesai

deani said:

to fgjhg
maaf ya kok ngomongnya kaya orang ga terpelajar ya???kl nama panggilan itu hrs yg bagus2,tdk sepantasnya nama amien rais yg dlm bhs arab krg lebih berarti pemimpin yg dpt dipercaya anda sebut dg nama tikus got....sy tdk terima.mdh2an anda segera bertaubat.:)

risna said:

setuju buat deani

tdk suka sama seseorang tdk harus bicara ga sopan toh, pokonya dari ke lima capres yang ada hanya amien rais yang saya dukung

salam untuk pak amien rais. kami barisan cinta amien rais sumatera barat mohon petunjuk kemana arahan seandainya memang idolaku tetap berada di posisi 4. minta email amien rais center donk!!

rossa said:

heh, elu yg namanya fgjhg, elu gak pernah sekolah yak? numpang forum tuw pake otak, jangan asal njeplak aja. elo bilang milih SBY karna kereen? huh pikir tuh..masak milih presiden karna kereen doang otanknya blank..huh..pokoknya Pak Amien harus menang!

risna said:

Saya lebih bangga bisa mempunyai presiden yang bersih dan cerdas. please... dong udah ga zaman liat orang dari tongkrongan, yang lebih penting tuh isi kepala dan hati yang bersih.

turi said:

MMMm gimana ya ....bingung saya...aduhhhh gimana sih....waduhhhh tapi gpp dehhhh pak Amien belum bisa menang ,soalnya waktu itu saya milih Hamzah Haz

nHee_na said:

bwt fgjhg di dunia:
eh, saya mo nanya balik sm anda: bukannya gerakan mahasiswa itu krn di motori oleh Amien??liat REALITAnya donkzz...!!! pake ngatain tikus GOT lagi!! PLISSS>>> DEH>>> mukA LO TUH EMANG KAYA APA????!!!! eh, gw bilangin yah, SBY tuh keren( tapi bagi TANTE2... ky elu tucH....).jgn TERPESONA oLEH KETAMPANANNYA SAJA. LIat isi otaknya,kehidupannya,trus kontribusinya bwt PENDIDIKAN Di Indonesia!!
buat apa hanya aMan dan sejahtera kalo masyarakat indonesia msh Bodoh..??
tolong balas komentar dari saya ini ya....-kali aja kita bisa kenalan..-

fgfg said:

amien memotori gerakan mahasiswa? hwahahahahahahaha..... lelucon darimana ini :))

marineliner said:

30. | 17:13 on 8 July 2004 | by enda
ya tunggu aja, kan penghitungannya juga belum selesai
= = = = = = = = = = = = = = = = = =
Jadi, hanya cukup dgn.menunggu. Inilah Indonesia.

enda said:

hehe, dasar ga sabaran, inilah indonesia :D btw mas/mbak itu TPS 015 = 3175040003015-nya mana? kok ga ada di link yg dikasih?

AmienAis said:

betul juga komentar fgfg!!
sy gak tahu pak amien yg motori gerakan mahasiswa ato pak amien yg nunggangi gerakan mahasiswa!! padahal waktu itu gerakan mahasiswa kahna duluan baru muncul nama pak Amien!!!
Tukang nunggangi

Mawar said:

Mahluk seperti fgjhg dan sejenisnya ini barangkali utusan dadjal kali ya yang sedang lucu-2nya, Saudara-2 pencinta P'Amien mari kita doakan mereka biar insaf, jadi orang-2 yang bermoral, berbudi, bertutur kata santun,dsbnya, mari kita contoh P'Amien meskipun dihujat, dizalimi, tetap tegar layaknya seorang beriman, berilmu dan berakhlak mulia itulah ciri pemimpin yang sejati.

basuki said:

kok membuat vonis segalak itu yah..??
semua pendapat orang kan punya alasan sendiri... ya dihormati lah pendapatnya itu, jangan salah menyalahkan aja. dan kalo kita menilai sesama manusia, apa kita bisa tahu hati manusia?? dan apakah anda yakin anda yang paling benar?? ehm sampaikan aja fakta yang ada.. dari fakta itu kita bisa berargumentasi... bukan cuma vonis2 seperti diatas... dan yang saya tahu memang nggak ada fakta yang menunjukkan pak amien rais adalah motor gerakan mahasiswa.beliau juga berperan, tapi saya nggak menemukan bukti kalo peran beliau adalah sebagai MOTOR.

Turi said:

kalo Pak Amien Ris dapat menyikapi situasi no 4 nya dengan arif dan bijaksana hingga akhir hitungan , dan tetap bersikap jujur cerdas dan berani , maka kita patut menyesal kenapa beliau tidak lolos

turi said:

Tapi nek ngamuk-ngamuk.......lhooo.... kan katanya segala sesuatu harus disikapi dengan cerdas....

MarineLiner said:

40. | 11:35 on 12 July 2004 | by enda
hehe, dasar ga sabaran, inilah indonesia :D btw mas/mbak itu TPS 015 = 3175040003015-nya mana? kok ga ada di link yg dikasih?
= = = = = = = = = = = = = = = =
Assalamu'alaykum,
JUSTRU krn.belum ada, bahkan sampai: Update Terakhir : Selasa, 13-07-2004 08:13:38
maka jadi pertanyaan:
TPS 015 = 3175040003015
Total suara 207, pak Amin & Siswono = 103 = Juara I
KOQ BELUM MASUK YA? Inilah Indonesiaaaaaa.
Allahu a'lam wa bishshowab.

enda said:

salah kali bukan 3175040003015, karena daftar TPS-nya dah pasti ada disitu semua, kalo belum masuk paling isinya masih 0. mkn maksudnya 3175040003011 (SEBELAS) kali? TPS 011 itu Amien 104, mirip2x tuh kan?

MarineLiner said:

Assalamu'alaykum,
ngGak lah ya, la wong kita nyoblos-nya di TPS.015 koq.
http://forums.gawaher.com/index.php?showtopic=1576&view=findpost&p=164013
Allahu a'lam wa bishshowab.

MarineLiner said:

47. | 13:58 on 13 July 2004 | by enda
salah kali bukan 3175040003015, karena daftar TPS-nya dah pasti ada disitu semua, kalo belum masuk paling isinya masih 0.
= = = = = = = = = = = = = = = =
Assalamu'alaykum,
Iya ya, paling isinya masih 0 seperti speedometer-nya "Camry" yg.SUDAH dibeli dgn.uang rakyat seharga Rp.356 juta TAPI data komputer tetap saja tidak akurat.
KOQ BELUM MASUK YA? Inilah Indonesiaaaaaa.
Allahu a'lam wa bishshowab.

enda said:

Saya cek kemarin sama teman di KPU-nya langsung mas, memang dari daerah DKI agak lambat masuknya. Mohon maaf aja, katanya. Sampai hari ini baru 103 juta suara yg masuk di KPU, dari 150 juta pemilih, masih ada 40-an juta lagi yg belum masuk, jadi harap sabar, kalo ga salah sabar juga kan ajaran Islam ya? hehe. Kalo nanti dinyatakan masuk semua dan TPS mas masih belum ada juga, mari kita sama-sama protes ya :)

MarineLiner said:

50. | 10:10 on 14 July 2004 | by enda
..... jadi harap sabar, kalo ga salah sabar juga kan ajaran Islam ya?
= = = = = = = = = = = = = = = =
Assalamu'alaykum. Innallaha ma'a shobirin ( sesungguhnya Allah bersama orang-orang yg.shobar ).
Hanya saja, koq ya "kebetulan" TPS yg.Amin Rais Juara I yg.belum masuk. Lama2 ya jadi "kebangetan". Inilah Indonesia.
Sehingga wajar saja kalau Tim Sukses Amin Rais complain. Apa iya, sebegitu "jauh-nya" pengaruh Amerika. Allahu a'lam wa bishshowab.

MarineLiner said:

Rabu, 14 Juli 2004
Sementara, Roy Suryo menegaskan, ia memiliki bukti yang menunjukkan adanya perubahan data pada tampilan TNP.
Perubahan itu terjadi pada tanggal 5 Juli, atau hari pertama penghitungan suara.
Pada saat itu, suara yang masuk dari kecamatan berjumlah 8.908 kecamatan.
Padahal, secara logika, jumlah kecamatan sebanyak itu tidak memungkinkan, karena keseluruhan kecamatan di Indonesia hanya sekitar 5.000.
"Saya setuju, tim TI ini tetap jalan, agar kita bisa tahu kesalahan-kesalahan yang dilakukan," kata Roy, diiringi tepuk tangan riuh hadirin.
http://www.kompas.com/kompas-cetak/0407/14/Politikhukum/1148466.htm

MarineLiner said:

52. | 10:23 on 15 July 2004 | by MarineLiner
Rabu, 14 Juli 2004
"Saya setuju, tim TI ini tetap jalan, agar kita bisa tahu kesalahan-kesalahan yang dilakukan," kata Roy, diiringi tepuk tangan riuh hadirin.
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
Update Terakhir : Kamis, 15-07-2004 12:15:55
Update Terakhir : Kamis, 15-07-2004 12:03:45
Update Terakhir : Kamis, 15-07-2004 12:03:41
Koq bisa mundur ? Emang sih, kalau maju-mundur ber-ulang2, lama2 enaaak.

MarineLiner said:

53. | 16:30 on 15 July 2004 | by MarineLiner
Update Terakhir : Kamis, 15-07-2004 12:15:55
Update Terakhir : Kamis, 15-07-2004 12:03:45
Update Terakhir : Kamis, 15-07-2004 12:03:41
Koq bisa mundur ? Emang sih, kalau maju-mundur ber-ulang2, lama2 enaaak.
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
Koq jadi sepi ? Emang sih, kalau semua lagi sibuk menghitung, "Goblog Media" jadi: "Media Goblog"
Dasar "guoooBlog".

MarineLiner said:

51. | 13:33 on 14 July 2004 | by MarineLiner
50. | 10:10 on 14 July 2004 | by enda
..... jadi harap sabar, kalo ga salah sabar juga kan ajaran Islam ya?
= = = = = = = = = = = = = = = =
Assalamu'alaykum. Innallaha ma'a shobirin ( sesungguhnya Allah bersama orang-orang yg.shobar ).
Hanya saja, koq ya "kebetulan" TPS yg.Amin Rais Juara I yg.belum masuk. Lama2 ya jadi "kebangetan". Inilah Indonesia.
Sehingga wajar saja kalau Tim Sukses Amin Rais complain. Apa iya, sebegitu "jauh-nya" pengaruh Amerika.
= = = = = = = = = = = = = = = =
Jakarta "macet total". Tidak ada data baru yg.masuk. Hari ahad, jalan2 naik "camry" yg. dibeli dgn.uang rakyat Rp.356 juta. Enaaaaaak.
Allahu a'lam wa bishshowab.

MarineLiner said:

50. | 10:10 on 14 July 2004 | by enda
Saya cek kemarin sama teman di KPU-nya langsung mas, memang dari daerah DKI agak lambat masuknya. Mohon maaf aja, katanya. Sampai hari ini baru 103 juta suara yg masuk di KPU, dari 150 juta pemilih, masih ada 40-an juta lagi yg belum masuk,
= = = = = = = = = = = = = = = =
beginilah jadinya kalau:
PEMILU 2004 dilaksanakan oleh KPU-1955 alias "bisa-nya hanya manual".

fira said:

orang yang ngomoongnya tidak berpendidikan berarti bukan orang berpendidikan tidak usah ditanggapi dia tidak tahu gerakan mahasiswa pada saat itu. jangankan gerakan mahasiswa berpendidikan saja tidak. Selain itu orang-orang emosional seperti itu bukan level orang-orang rasional.

farah nih ye.. said:

SBY vs Mega
---------------
Penghitungan suara hasil pemilihan presiden putaran pertama lalu memang belum benar-benar tuntas. Tapi dua pasangan yang akan bertarung di putaran kedua 20 September mendatang hampir sudah bisa dipastikan - yakni pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-M. Jusuf Kalla dan Megawati Soekarnoputri-Hasyim Muzadi.

Pertarungan sudah dapat dipastikan bakal lebih seru! Berbagai manuver dilakukan. Kedua kubu sama-sama optimistis bakal menang. Pasangan SBY-Kalla memang boleh tersenyum lebih lebar menghadapi fakta perolehan suara sementara saat ini. Tapi kemenangan telak SBY-Kalla kali ini sama sekali bukan jaminan mereka bakal kembali unggul pada 20 September mendatang.

Mari kita coba berhitung-hitung secara hitungan strategic public relations, siapa yang mungkin akan lebih memikat hati publik Indonesia, artinya membuat tiap-tiap individu orang Indonesia mencoblos gambar mereka di TPS nanti.

Ada beberapa hal menarik yang menurut saya bisa jadi bahan diskusi, kenapa pertarungan di putaran kedua pilpres akan tetap berlangsung ketat, meski saat ini perolehan suara pasangan Mega-Hasyim jauh ketinggalan.

Pertama, logic of the game yang berubah, antar putaran pertama dan kedua. Pertama lima pasang dan yang kedua head to head dua pasang. Tentu kita masih ingat peristiwa menangnya Wiranto di konvensi Golkar. Sebelumnya ketika kandidat yang bersaing lebih dari dua, Wiranto berada diurutan kedua sedang pemenangnya adalah Akbar.

Namun di putaran terakhir kenyataan bahwa Wiranto menang, dan saat itu sangat mencengangkan adalah menangnya Wiranto. Bukan tidak mungkin fenomena ini terulang lagi di pemilihan presiden putaran kedua nanti.

Kedua, popularitas. SBY memiliki popularitas yang sangat tinggi. Namun selain banyak hasil survai menunjukkan tren tersebut menurun, kita juga harus belajar dari kasus Inul. Inul pamor melejit pertama kali waktu dia bermasalah dengan NU Jawa Timur, ketika grafik pamornya mulai agak turun, Inul diselamatkan oleh perselisihannya dengan Rhoma Irama.

Perselisihannya ini sangat melejitkan pamor Inul ke tingkat yang sangat tinggi. Namun saat ini pamor Inul mulai turun drastis, karena Inul sudah berubah, atau setidak-tidaknya persepsi publik terhadap Inul sudah berubah. Tidak lagi seperti Inul yang 'orang kampung' lagi.

Fenomena Inul bisa terjadi terhadap SBY. Karena tidak ada isu kuat lagi yang bisa mendongkrak SBY, setelah isu dia 'dicuekin' Presiden berhasil melejitkan dia di putaran pertama.

Lebih rasional
Ketiga, kalau saja pemilihan presiden hanya satu putaran, niscaya SBY akan menang. Tapi sayang kenyataannya dua putaran. Eforia publik sudah terklimakskan untuk mencoblos Sang Jenderal Ganteng ini.

Pada putaran kedua publik akan sangat lebih rasional dibanding sebelumnya. Karena begitulah karakter dari publik Indonesia, selalu suka hal yang baru. Kafe baru, mal baru selalu penuh, setelah itu sepi dengan sendirinya.

Keempat , personifikasi militer. Pada putaran pertama perhatian publik lebih terpaku pada Wiranto sebagai sosok yang mewakili militer. Sedemikian kuatnya persepsi itu sampai hampir-hampir melupakan kenyataan bahwa SBY dan Agum juga mantan militer. Bahkan hampir semua kandidat memfokuskan upayanya menjegal Wiranto. Dan terbukti berhasil.

Namun di putaran kedua ini, SBY tidak bisa tidak akan dipersepsikan secara kuat oleh publik Indonesia sebagai personifikasi militer. Jadi putaran kedua sebagai militer vs sipil. Dan di alam reformasi ini hal itu sangat tidak menguntungkan SBY.

Kelima , dukungan elit politik, karakter SBY yang sangat kaku dalam berpolitik akan sangat menyulitkannya dalam berkoalisi dengan elit-elit politik lainnya. Ini mengingatkan kita pada fenomena Mega saat ia harus menerima kenyataan hanya sebagai wakil presiden.

Keenam, waktu kampaye yang hanya tiga hari. Kita tahu bahwa pada putaran sebelumnya SBY telah jor-joran memulai kampanye di berbagai media, terutama TV, jauh sebelum bel tanda start kampanye berbunyi. Tetapi dengan waktu yang hanya tiga hari ini SBY akan sangat keteteran menghadapi kesempatan-kesempatan Mega sebagai presiden untuk tampil di depan publik.

Ketujuh, peran Akbar dan Abdurrahman Wahid. Mungkin tidak usah panjang lebar, publik Indonesia tahu persis bagaimana peran kedua tokoh ini dalam menentukan warna politik negeri ini. Karena Akbar bisa membawa banyak suara Golkar, sedang Wahid bisa mempersatukan suara NU yang sempat berserakan.

Kedelapan, performance pemerintahan. Walaupun jauh dari sempurna, pemerintahan Mega sudah nampak jelas kinerjanya di mata publik, sedang SBY masih perlu diraba-raba. Maka jika pemilih akan lebih rasional hal ini akan sangat membebani SBY, apalagi jika ia enggan mengumumkan susunan kabinetnya sebelum pemilu. Mengandalkan kinerja Partai Demokrat untuk mencuri hati publik nampaknya masih sangat sulit.

Kesembilan, cadangan dana. Kita akan lihat siapa yang masih punya cadangan dana kampanye yang masih cukup untuk bertempur di putaran kedua.

Nah, siapa yang kan menang pemilu nanti? Dari hitung-hitungan Strategic PR tadi, secara objektif, saya menduga Mega lebih berpeluang untuk menang. Tapi semua kembali kepada para capres, apakah mereka mempunyai strategi-strategi jitu untuk menghadapi keadaan di atas.

Tapi ingat dan camkan, siapa yang menggunakan kekerasan, kejahatan, kecurangan untuk menang pasti akan kalah, karena ini era informasi dan dengan cepat publik akan tahu. Dan dengan cepat pula publik akan mengambil sikap tegas dan nyata. Jadi bertempurlah dengan bermartabat! (Sumber: Bisnis) Oleh Christovita Wiloto (Managing Partner Wiloto Corp. Indonesia)

Joko said:

Biarpun sudah sangat terlambat nggak apa2x kan sekedar nimbrung , soalnya baru lewat sini siiihhh......
Pak Amin , 5 April PAN jeblok (urutan 7),5 Juli Jeblog lagi ( urutan 4)kenapa.......karena beliau kualat sama jabang bayinya Gus Dur (bukan Gus Dur lho).... Ingat enggak th.99 utk kepentingan politik sesaatnya Pak Amin tega merusak persahabatan Mega&Gus Dur yg sedemikian Mesra. Gus Dur yg punya kendala fisik didorong-dorong maju jadi Presiden (sambil diprovokatori tentunya).....Naaah giliran bisa jadi Presiden betul...tidak lama kemudian ditendang...karena ternyata Gus Dur tidak bisa disetir/diatur.....terang saja Jabang bayinya Gus Dur marah...akibatnya Pak Amin kemaren selamatan ganti nam jadi Amin Nangis..hehehehe...pendukung Pak Amin gak usah geram lho yaaaaa...wong ini realita

Joko said:

Biarpun sudah sangat terlambat nggak apa2x kan sekedar nimbrung , soalnya baru lewat sini siiihhh......
Pak Amin , 5 April PAN jeblok (urutan 7),5 Juli Jeblog lagi ( urutan 4)kenapa.......karena beliau kualat sama jabang bayinya Gus Dur (bukan Gus Dur lho).... Ingat enggak th.99 utk kepentingan politik sesaatnya Pak Amin tega merusak persahabatan Mega&Gus Dur yg sedemikian Mesra. Gus Dur yg punya kendala fisik didorong-dorong maju jadi Presiden (sambil diprovokatori tentunya).....Naaah giliran bisa jadi Presiden betul...tidak lama kemudian ditendang...karena ternyata Gus Dur tidak bisa disetir/diatur.....terang saja Jabang bayinya Gus Dur marah...akibatnya Pak Amin kemaren selamatan ganti nam jadi Amin Nangis..hehehehe...pendukung Pak Amin gak usah geram lho yaaaaa...wong ini realita

Aneh said:

Aneh milih presiden kok berdasarkan yang terzalimi kenapa kagak dipilih si Ucup (bajaj Bajuri) aja yang jelas-jelas tiap hari dizalimi emak

AR Forever said:

Hmm... berasa salah gue di putaran ke-dua milih sby jk setelah di putaran pertama pilihan gue ga masuk ke-dua.. hikz...

About this Entry

This page contains a single entry by enda published on June 15, 2004 10:19 AM.

Doa Pemilihan Presiden was the previous entry in this blog.

Pendukung SBY (Susilo Bambang) Website is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Powered by Movable Type 4.01