Lapor Pelanggaran Pemilu?

|

Untuk melaporkan pelanggaran pemilu, pihak yang paling berwenang dan cocok untuk menerima laporan ini tentu saja adalah Panitia Pengawas Pemilu atau Panwaslu. Informasi tentang pelanggaran pemilu, berita, siapa saja anggota panitia ini semuanya ada di websitenya www.panwaslu.org yang lumayan ok tampilannya, hasil kerja Agrakom (PT. Agranet Multicitra Siberko)

Salah satu terobosan Panwaslu yang lumayan OK adalah penyampain pelanggaran melalui SMS (yg diplesetin oleh Panwaslu menjadi Suara Masyarakat Singkat ho ho).

Caranya tinggal kirim SMS ke nomor 7697. Cuma buat gue kok rasanya basa-basi aja layanan ini. Karena berapa panjang sih informasi yg bisa masuk di SMS? Terutama kalo dibandingkan dengan form pengaduan resminya yg ditanya saksi segala. Berapa banyak yg bisa di tindak lanjutin dengan pengaduan lewat SMS ini?

Speaking of form pengaduan resmi. Website PANWASLU ini lumayan bikin bingung. Ada DUA form pengaduan yang mirip dan punya nama hampir sama yang tidak begitu jelas bedanya.

1. Form Penyampaian Informasi Pelanggaran Pemilu

dan

2. Form Pelaporan Pelanggaran Pemilu

Gue yakin ada penjelasan dan sebab-sebab hukum yang mendasari perbedaan dua jenis aduan ini cuma demi kepentingan PENGADUAN-nya dan PENGGUNAAN form (usability) ini sendiri, apa ga bisa dibuat satu form aja, supaya tidak menambah satu step berpikir lagi bagi para pelapor.

Coba apa bedanya Penyampaian Informasi Pelanggaran dan Pelaporan Pelanggaran? Apa saat melaporkan pelaporan itu bukan jenisnya adalah informasi juga? :)

Penjelasan di form itu sendiri ada di salah satu form dan bukannya tertera sebelum kita bisa memilih form-nya.

Kutipan: Jika Anda mempunyai informasi tentang pelanggaran yang terjadi baik dalam pra, masa maupun pasca Pemilu 2004, silakan isi form di bawah ini ... Jika yang ingin Anda sampaikan adalah laporan pelanggaran/sengketa dalam masa Pemilu 2004, silakan isi form yang lebih detail di sini.

Hallooww.. jadi yang mana yang harus diisi?

Yang pasti form no 2 lebih detil pertanyaan yg harus diisinya. Hingga ada ruang untuk mengisi Saksi-saksi dan Barang bukti (barang buktinya harus ditulis dan diceritakan? Gimana kalo pengen ngirim foto dari barang bukti?)

LEBIH LUCU LAGI dalam keterangannya tentang Tata Cara Pelaporan Pelanggaran Pemilu disebutkan formulir-formulir seperti formulir A.1, formulir A-5, formulir A-1a. Nah, lalu form pengaduan di website itu masuk sebagai formulir yang disyaratkan di tata cara-nya tidak?

Kalo iya, kok ga ada keterangannya? Kalo tidak memenuhi syarat, lalu buat apa ada form pengaduan disitu?

Gimana sih?

Coba kita kirim kritikan di blog ini di form kontak Panwaslu-nya. Kira-kira ada tanggapan tidak, dan kalo ada setelah berapa lama.

About this Entry

This page contains a single entry by enda published on March 22, 2004 12:14 PM.

Kampanye Kesadaran was the previous entry in this blog.

Caleg Pilihan is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Powered by Movable Type 4.01