Ketua MPR baru terpilih

| | Comments (23)
MPR Online
Voting pemilihan pemimpin Majelis Permusyawaratan Rakyat baru saja usai yang menghasilkan Hidayat Nurwahid sebagai Ketua MPR RI baru periode masa jabatan 2004-2005.

Sayang, seperti biasa, website MPR yaitu MPR Online kurang updated untuk hal-hal seperti ini, sehingga kita tidak bisa mendapatkan infonya dari tangan pertama.

Pemilihan berlangsung seru, dan pemenangnya hanya berbeda 2 suara dari yang kalah.

Voting dimulai pukul 12.00 WIB, Rabu (6/10/2004) dan diikuti oleh 668 orang dari 675 anggota MPR. (kemana yang 7 orang?)

Para anggota MPR yang terhormat mendapatkan 3 pilihan yaitu Paket A, Paket B dan Paket C (dan Paket Hemat).

Apakah masing-masing Paket diatas? Ini dia:

1. PAKET A (Koalisi Kebangsaan)

  • Sutjipto (Ka) (PDIP)
  • Theo L Sambuaga (Waka) (Golkar)
  • Aida Zulaika Ismeth Nasution (Waka) (DPD)
  • Sarwono Kusumaatmaja (Waka) (DPD)

2. PAKET B (Koalisi Kerakyatan)

  • Hidayat Nurwahid (Ka) (PKS)
  • AM Fatwa (Waka) (PAN)
  • HM Aksa Mahmud (Waka) (DPD) dan
  • Dr Mooryati Soedibyo (Waka) (DPD)

3. Paket C (abstain)

Ternyata pertarungan antar koalisi sudah dimulai sekarang, dan skornya, 1-0 untuk Koalisi Kerakyatan karena Paket B berhasil memenangkan putaran pertama ini.

Hasil akhir dari pemungutan suara:

  • Paket A: 324 suara
  • Paket B: 326 suara
  • Paket C: 13 suara (abstain)
  • Tidak sah: 10 suara

Heh, you would think dan karena bapak-bapak itu adalah anggota MPR, para politisi yang mumpuni harusnya sudah pada ahli dalam memberikan suara ya? Ternyata masih ada suara yang TIDAK SAH juga :)

Oya untuk mengingatkan aja:

Koalisi Kebangsaan: PDIP, PPP (sudah keluar?), PDS dan Golkar
Koalisi Kerakyatan: PKS, PD, PKB, PPP, PAN (dan FBPD)

Detik.com memuat profil dari para Ketua dan Wakil Ketua MPR terpilih yang bisa diakses disini.

23 Comments

yadin said:

Semoga Pak Hidayat dapat mengemban amanah ini dengan ikhlas. Ada yang menarik waktu akan berakhirnya sidang MPR ada anggota MPR yg interupsi dengan nada "mengancam" dan mewanti-wanti Pak Hidayat agar tindak-tanduknya tidak mengkhianati PANCASILA. Lucu juga yach, apa yang interupsi juga udah pancasilais???, contohnya siapa di negeri ini tokoh yg pancasilais???

agoer said:

selamat kepada pemimpin baru MPR maupun DPR yang sudah dilantik tapi tetap saja saya agak pesimis selama orang-orangnya masih melakukan aji mumpung punya kekuasaan dan juga masih punya sifat mementingkan diri sendiri dan golongannya, tinggal tunggu kehancuran yang lebih parah

fitra said:

Assalamualaikum wr wb,selamat atas terpilihnya bapak Hidayat nurwahid atas terpiihnya sebagai ketua MPR-RI periode 2004-2009.

lukqlook said:

Dgn Memohon Rahmat dan Ridho Allah SWT. Saya mengucapkan Selamat atas terpilihnya Bpk. Hidayat Nur wahid sebagai ketua MPR RI, semoga sukses selalu

Yayat said:

Selamat, semoga pak Hidayat mampu menjaga amanah yang diberikannya.

Wong Cilik said:

-Semoga Pak Hidayat diberi kekuatan iman dan moral dalam memimpin "MPR" bukan "MPK"
-Jangan mengatasnamakan wong cilik dgn alasan apapun kalau hanya untuk melindungi kepentingan KOALISI [KK or KR]
-Jangan menghambur-hamburkan uang rakyat untuk sidang yang bukan memperjuangkan nasib rakyat Indonesia [bukan rakyat koalisi]
-Semoga saja Presiden dan Wakil Rakyat membawa Barokah Amiiinn...

z.lintas said:

Selamat kepada Bp.Hidayat atas kepercayaan yang diamanahkan rakyat melalui MPR kepada Bapak.

Rakyat Indonesia sudah jenuh dengan jargon, dengan konflik horizontal, dengan sifat bela diri dari orang-orang pemerintahan.

Bapak bertugas untuk mengkritisi Pemerintahan dan memberikan solusi dan alternatip yang konstruktip.

Jadikanlah Indonesia milik semua orang, buatlah agar semua orang merasa terlindungi, merasa aman tapi tidak perlu alat pengamanan yang oppresive.

lukman said:

Alhamdulillah... Allah Maha Adil, Maha Kuasa dan Maha Tahu...
Insya Allah Indonesia akan lebih maju dengan mulai runtuhnya tipikal Orde Baru (Koalisi Kebangsatan)...

candido alves said:

saya sangat senang dengan demokrasi yang sedang berjalan di indonesia. maka dengan presiden terpilih sby dan ketua mpr baru ini bisa tetap pertahankan dan menjalankan tugas negara dengan baik. okey obrigado atau terima kasih banyak

rudi said:

semoga pak hidayat dapat mengemban amanat rakyat yang sangat berat...untuk sby, semoga bapak bisa mulai sedikit demi sedikit bisa menuju bangsa yang ideal dan TERTIB...angkutan lebaran dan pemerataan penduduk pak....biar jawa gak sumpek.

bungsu said:

Semoga pak hidayat tetap istiqomah dan selalu peduli.

Aryaduta said:

Semoga Presiden dan Ketua MPR yg baru ini bisa sejalan membawa Rakyat Indonesia sebagai Bangsa yang Merdeka. Bravo Bpk SBY dan Pak Hidayat.

jabrig said:

Kebiasaan yg menyebalkan anggota DPR dan MPR yg demen jalan2 ke luar negeri gratis dgn adakan studi banding harus dihentikan. Sungguh norak dan tidak tahu diri. Disamping gunakan fasilitas negara juga berlagak preman. sebel gua.

jabrig said:

Kebiasaan yg menyebalkan anggota DPR dan MPR yg demen jalan2 ke luar negeri gratis dgn adakan studi banding harus dihentikan. Sungguh norak dan tidak tahu diri. Disamping gunakan fasilitas negara juga bertindak sebagai preman. sebel gua.

jabrig said:

Kebiasaan yg menyebalkan anggota DPR dan MPR yg demen jalan2 ke luar negeri gratis dgn adakan studi banding harus dihentikan. Sungguh norak dan tidak tahu diri. Disamping gunakan fasilitas negara juga berlagak preman. sebel gua.

hamud said:

Semoga anggota dan pimpinan DPR dan MPR baru tidak mengikuti kebiasaan sebelumnya yg suka2 jalan2 ke luar negeri tanpa missi dan tujuan yg jelas. Biar tidak memalukan. Semoga.

Mamad said:

Ya itu, anggota/pimpinan DPR dan MPR yg lalu kayak orang kemaruk aja. malu-maluin dan nggak tahu diri. Dibawah pimpinan Agus dan Hidayat semoga lembaga YTH tersebut bisa menjaga wibawa n nama baik bangsa dan negara. Nggak kampungan.

puput said:

assalamu'alaikum wr.wb
selamat berjuang di lahan dakwah yang baru..
Semoga dengan adanya Pak Hidayat di pucuk MPR anggota DPR, DPD, MPR akan berpikir berkali-kali untuk menyalahgunakan jabatannya
Semoga 4JJI selalu menyertai Anda amin....

roel said:

dah dgr berita tbaru? pa Hidayat menolak fasilitas mewah yg sedianya akan dia terima. Subhanallah...tapiiii masiiiiih ajah ada org yg usil macem ketua DPR. harusnya spt kata Editorial Media INdoensia hari Ahad kemaren, "Keteladan bukan untuk didebati atau dicemburui tapi untuk diikuti. Heuh" *baca dgn intonasi ala Editorial Media Indonesia*

ifa said:

Selamat kepada Saudaraku Hidayat Nurwahid,semoga Anda tidak melupakan kewajiban Anda sebagai seorang muslim ketika Anda duduk di kursi Pemerintahan yang harus selalu mencerminkan dan mengemukakan pemikiran Islam dan menyelesaikan segala persoalan kenegaraan dengan kacamata Islam, bukan Anda sebagai pengambil jalan tengah dari hukum yang telah ditetapkan Allah, karena sistem yang mengitari Anda sangat tampak sekali membenci ketika hukum Allah hendak diterapkan dalam seluruh aspek kehidupan.semoga Allah melindungi kita dari datangnya azab, ketika amar ma'ruf nahi munkar kepada penguasa terutama dan umat pada umumnya tidak dilaksanakan. Naudzubillahimindzalik

Saya insya Allah sangat...sangat...percaya akan keamanahan Pak HNW. Saya bahagia beliau dapat mengemban amanah ini, juga tentunya adalah ujian bagi beliau ditengah keanekaragaman karakter masyarakat di gedung dewan yang terhormat tersebut. Kita berdoa saja bersama untuk Indonesia yang kita cintai bersama ini ya? Peace...and love...

allan_hehe said:

Pak Dayat??? Ya banget... Emang buat dapet ketua MPR yang amanah harus nunggu 50 taun kali ya... Yuk kita doakan dan supervisi beliau supaya MPR kita lebih baik... Oya, untuk PKS? Tenang aja pak Dayat... ada kita disini...hehe

danny said:

karena gak lolos ET 3 % dalam pemilu 2004, PBB rencana mo ganti nama menjadi PBB sejahtera, siapa tau bisa sukses kayak PK menjadi PK sejahtera. Ini sih gak masalah. Gimana kalo PDS ikut2an jadi PDS sejahtera. Repot tuh kan jadi Partai Damai Sejahtera Sejahtera?

About this Entry

This page contains a single entry by enda published on October 6, 2004 7:17 PM.

Kita punya Presiden Baru was the previous entry in this blog.

Pak Kwik “Berulah” Kembali is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Powered by Movable Type 4.01