Evaluasi Kampanye Parpol

| | Comments (3)

Pemilu Legislatif tinggal 3 hari lagi. Sekarang memasuki masa tenang, tidak ada lagi kampanye berupa pengumpulan massa secara tertutup maupun terbuka.

Kampanye memang tidak bisa dipisahkan dari Pemilu. Para peserta Pemilu perlu dan harus melakukan kampanye sebagai proses sosialisasi dan memikat calon pemilih.

Tetapi apakah cara-cara kampanye yang dilakukan sekarang sudah cukup efektif?

Pelaksanaan kampanye Pemilu sekarang sedikit banyak telah mengalami perubahan mengikuti perkembangan media informasi. Karena pada intinya kampanye memang sebuah broadcast informasi. Penggunaan media televisi, radio, dan internet mewarnai pelaksanaan Pemilu kali ini.

Sayangnya effort terbesar yang dikeluarkan para peserta Pemilu masih salah sasaran. Kampanye pengumpulan massa tetap menjadi primadona. Pengorganisasian pesta jalanan besar-besaran dijadikan patokan keberhasilan kampanye.

Sementara banyaknya massa dan warna bendera partai yang menyelimuti jalanan tetap bukan patokan perolehan suara. Masyarakat umumnya telah mempunyai pilihan suaranya masing-masing secara historis.

Ditambah lagi dengan cara pemilihan legislatif yang langsung kepada personil. Para calon pemilih yang bingung biasanya mendedikasikan suaranya pada personal yang paling dekat kekerabatannya. Misalnya tetangganya yang jadi caleg, atau teman kakak iparnya, mertua tetangganya, dll.

Sedikit hasil kampanye yang bisa dinilai positif adalah keberhasilan sebuah hiburan rakyat tingkat nasional. Mulai dari anak-anak dan orang tua larut dalam sorak-sorai dan joged bersama artis-artis ibukota.

3 Comments

enda said:

iyah pemilih indonesia sih primordial, contohnya kalo org jawa timur kalo ga Partai-nya NU ya PDIP hehe

r0mmy said:

kalau website pemilu yang dibawah ini, sudah pernah dibahas belum?

http://www.cetro.or.id/pemilu2004/p2004.html

thanks,
r0mmy

soca said:

hihi kalo milih yang kenal sapa tau bisa kecipratan proyek

About this Entry

This page contains a single entry by published on April 2, 2004 9:41 AM.

Evaluasi - Blog Pemilu 2004 telah sebulan was the previous entry in this blog.

Contoh Surat Suara is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Powered by Movable Type 4.01