Debat Calon : Pengertian Keliru ?

| | Comments (1)

Adakah yang mengetahui arti kata debat selengkapnya ? Maksudnya, debat dalam arti kata baku. Sesuai dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Atau, adakah yang memiliki Kamus Besar Bahasa Indonesia dan menerangkan arti debat di sini ? Kalau ada, kebaikan hati dan pengorbanannya untuk memberi pencerahan sangat diharapkan. Karena sepertinya ada yang salah.

Sebagaimana diketahui, masa kampanye calon Pemimpin Bangsa segera berakhir. Komisi Pemilihan Umum sudah menjadwalkan dua hari untuk acara Debat Calon Presiden. Hari pertama akan menampilkan pasangan Mega - Hasyim dengan Amin - Siswono. Berikutnya giliran Wiranto - Wahid, Yudhoyono - Kalla dan Hamzah - Agum. Debatnya dipandu oleh moderator dan menghadirkan empat orang akademisi dan peneliti yang akan bertindak sebagai panelis.

Sepanjang yang aku lihat melalui televisi, apa yang disebut debat selama ini hanyalah sang calon menjawab pertanyaan dari penelis secara bergantian. Padahal yang aku ketahui, debat berarti ada lebih dari satu orang yang saling beradu pendapat mengenai sesuatu. Dengan kata lain, debat juga berarti perbincangan atau diskusi.

Kurang tau juga apa alasan sehingga bentuk seperti ini yang muncul dan menjadi trend. Padahal mustinya, mumpung dalam masa kampanye para pemilih melihat para kontestan saling debat atau saling berdiskusi. Saling beradu pendapat dan argumentasi. Seorang calon yang 'menang' dalam debat tidak secara otomatis lebih pintar dari yang lain. Namun setidaknya, dengan adanya debat [dalam arti sesungguhnya] pemilih memiliki gambaran yang lebih luas lagi sebelum nanti menentukan pilihan di bilik suara tanggal 5 Juli.

1 Comments

avianto said:

hehehe, kalo metoda yang diterapkan diatas itu namanya "SEMINAR"... =P

About this Entry

This page contains a single entry by published on June 30, 2004 11:54 AM.

Rumor Caleg Non-Muslim was the previous entry in this blog.

Presiden Tanpa Tanda Seru! is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Powered by Movable Type 4.01