Amien Rais Profil-Bio Capres

| | Comments (33)

Hari ini ditampilkan dua profil capres Indonesia, kali ini adalah Profil / Resume / Bio dari Amien Rais, Ketua Umum PAN (Partai Amanat Rakyat) dan Ketua MPR-RI saat ini, berdampingan dengan Siswono sebagai calon wakil presiden.

Amien RaisNama: PROF. DR. H. MUHAMMAD AMIEN RAIS, MA

Lahir: Surakarta, 26 April 1944

Orang tua: Syuhud Rais dan Sudalmiyah

Istri: Kusnariyati Sri Rahayu

PENDIDIKAN

  • Fakultas Sosial Politik Universitas Gajah Mada (lulus 1968)
  • Notre Dame Catholic University, Indiana, USA (1974)
  • Al-Azhar University, Cairo, Mesir (1981)
  • Chicago University, Chicago, USA (gelar Ph.D dalam ilmu politik 1984)
  • George Washington University (postdoctoral degree, 1988-1989)

PERJALANAN KARIR

  • Dosen pada FISIP UGM (1969-1999)
  • Pengurus Muhammadiyah (1985)
  • Asisten Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (1991-1995)
  • Wakil Ketua Muhammadiyah (1991)
  • Direktur Pusat Kajian Politik (1988)
  • Peneliti Senior di BPPT (1991)
  • Anggota Grup V Dewan Riset Nasional (1995-2000)
  • Ketua Muhammadiyah (1995-2000)
  • Ketua Umum Partai Amanat Nasional (1999-sekarang)
  • Ketua MPR (1999-2004)

Sumber: TokohIndonesia.com

Website resmi: M-AmienRais.com

33 Comments

avianto said:

nah, bapak satu ini universitasnya kelacak semua he he he.

Vane said:

Ck ck ck... Amien Rais ideal banget. Pelopor Reformasi ini pantas banyak bicara, Ahli politik lulusan Mesir-Amerika! Wah, pasti terhormat Indonesia dipimpin dia. Oya, dia ketua MPR yang konsisten & berani cabut keputusannya sendiri krn salah (gus dur). Vote him!!

Juhono B said:

Saya pilih dia karena dia baik banget. Waktu kuliah dulu di UGM, saya nggak pernah masuk, ikut ujian thok dikasih A sama beliau... Vote Amien and Sis

enda said:

hehe kalo ga pernah masuk kuliah tau2x dapet A, berarti dosennya baik atau ngaco ya? :D

Andi said:

Di dunia ini tidak ada orang yang suci tanpa noda, semua pasti ada nilai plus dan minusnya, hannya jika kita prosentase barang kali Amin rengkeng pertama dari segi plus dibanding kontestan cawapres yang lain.Selamat Pak Amin, aku siap mendukungmu.

Musa`adah said:

Dukung si dukung, tapi jangan keras-keras deh dalam memberantas korupsi, aku nanti makan apa , Pak Amin..! Aku ini hidupnya dari korupsi he..he..

AmienSiswono said:

Hidup Pak Amien, kupilih dikau karena pinterr!

Fajar S said:

Buat Pak Juhono B.. Huahahaha... itu alasan paling 'polos' yang pernah saya dengar untuk ngevote capres :D

Nda, kalo begini Adisubagjo ama Sindur gak bakalan mungkin jadi presiden ya? Hidup dosen baek lah.....

elbadr said:

INSYA ALLAH ANDA TIDAK AKAN MENYESAL JIKA DI PEMILIHAN PRESIDEN BESOK ANDA MEMILIH AMIEN RAIS! SATU-SATUNYA TOKOH YANG DAPAT DIHARAMKAN OLEH KITA SEMUA, YANG LAEN LEWAT......

amy lee said:

semoga Allah meridhoi perjuanganmu.amieen.sesungguhnya pemimpin yang dicintai lebih baik daripada ditakuti.Amien sosok yg dicntai rakyat.vote him!

Gober said:

Bang Amin, elo ngelanggar sumpe pemude. Lo suka pake basa asing padahal rakyat pemilih kebanyakan di desa yang kagak ngatri basa asing.

bung karno said:

Saya juga suka pakai bahasa belanda.
Masak kamu meragukan nasionalismeku?

ttd.
Bung Karno

wangsana said:

kacamata gue kok gak kliatan siapa2 yang 'paling'. Rata aja semua , ya aibnya, ya pinternya, ya tololnya..sama semua.
Masih pinteran rakyat. SBY katanya busuk.. Amin katanya kepinteran sampe mirip licik, Wiranto tukang ngutang... Mega di amit2in...

Jadi inget nonton sepak bola, yang jago malah penontonnya..

Jangan2 kacamata gue rusak kali... beli baru ah...

andi said:

Maluku Report 59: Surat Tim Pengacara Gereja di Maluku
MASARIKU NETWORK
2000-07-01

--------------------
TIM PENGACARA GEREJA

Alamat : Lantai 2 Kantor Sinode Gereja Protestan Maluku Jln. Mayjen DI Panjaitan
Atau Konsistori Gereja Maranatha Jln. Pattimura No. 1 Telp 0911 – 352276
Nomor Rekening BCA Cabang Ambon : 0440342531
--------------------

Ambon, 25 Juni 2000

Nomor : Khusus – 25/2000

Lampiran :

Pokok : Perlindungan Hidup Umat kristen di

Maluku dan Maluku Utara serta Mohon agar dapat

memproseskan dugaan keterlibatan Amien Rais dkk.


Kepada Yth:

1. SEKRETARIS JENDERAL PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA
Melalui PERWAKILAN di Jakarta
2. KEPALA NEGARA/PEMERINTAHAN NEGARA SAHABAT
melalui kedutaan masing-masing di Jakarta
3. Mahkamah International
di Den Hag
4. Pimpinan GEREJA ROMA KHATOLIK
di Roma
5. Pimpinan GEREJA-GEREJA SEDUNIA
di Den Haag


Salam Sejahtera !

Kami TIM PENGACARA GEREJA yang dibentuk oleh pemimpin Gereja Roma Katolik Keuskupan Amboina dan Badan Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan maluku kemudian diakui oleh pemimpin gereja-gereja di Maluku untuk bertindak bagii kepentingan umat Kristen di Maluku dan Maluku Utara, dengan ini menyampaikan suara hari umat Kristen di Maluku dan Maluku Utara kepada Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Kepala Negara/Pemerintahan Negera-Negara Sahabat serta Lembaga-Lembaga Internasional agar dapat mengambil langkah bagi perlindungan umat Kristen di Maluku dan Maluku Utara sebagai akibat tindakan kelompok separatis Islam dengan dukungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri).

Permohonan ini kami sampaikan dengan alasan sebagai berikut:

1.. Hanya dalam waktu 5 (lima) hari penyerangan oleh kelompok perusuh Islam tanggal (21s/d tanggal 25 Juni 2000 dan masih terus berlangsung), telah mengakibatkan : banyak umat manusia terbunuh dan luka-luka, 6 (enam) buah Gedung Gereja dan 1 (satu) Universitas Kristen Indonesia Maluku, ratusan rumah penduduk Kristen, sekolah-sekolah, pusat-pusat kesehatan masyarakat dan fasilitas lainnya musnah terbakar.
2.. Fakta keterlibatan TNI dan POLRI mendukung kerlompok perusuh Islam antara lain:
1.. Pada tanggal 22 Juni 2000, TNI dan POLRI memberikan kesempatan kepada kelompok perusuh Islam membongkar 2 (dua) buah gudang senjata mengambil seluruh persenjataan berat/ringan dan amunisinya di kompleks Brimob Polda Maluku.
2.. TNI dan Polri memberikan kesempatan kepada kelompok perusuh Islam untuk menguasai panser (persenjataan berat TNI), sedangkan panser-panser yang menjaga keamanan lebih banyak mengarahkan tembakannya pada perkampungan Kristen sehingga mengakibatkan umat mengalami kesulitan dalam mempertahankan lingkungannya.
3.. TNI dan POLRI membantu meloloskan persenjataan yang dipasok dari luar Maluku oleh perusuh Islam dengan menggunakan sarana container yang diangkut dengan kapal laut.
4.. TNI dan POLRI memimpin penyerangan atau membantu kelompok perusuh Islam melakukan penyerangan, penjarahan, dan tindakan pelanggaran hak-hak asasi manusia (HAM).
5.. Perintah tembak di tempat oleh pimpinan TNI pelaksanaannya di lapangan tidak diberlakukan kepada perusuh Islam, tetapi lebih banyak diarahkan kepada anak-anak Kristen yang bertahan dalam lingkungan perumahannya. Kepada anak-anak Kristen yang karena emosi lalu melakukan penyerangan, mereka ditembak habis-habisan.
6.. TNI dan POLRI melakukan penyiksaan terhadap anak-anak Kristen bila ditemukan senjata tajam atau senjata rakitan sedangkan terhadap kelompok perusuh Islam selalu dibiarkan
7.. TNI dan POLRI meloloskan kelompok perusuh Islam yang menggunakan simbol Jihad datang ke Maluku dan Maluku Utara untuk melakukan berbagai tindakan kejahatan dan pelanggaran HAM.
8.. TNI dan POLRI meberikan kesempatan kepada perusuh Islam melakukan pembantaian di dalam gedung gereja dan memberikan kesempatan kepada kelompok penyerang Islam menelanjangi kemudian menyekap wanita-wanita remaja/pemuda dan anak-anak Kristen di bawah umur.
1.. Senjata dan amunisi yang diambil dari gudang-gudang persenjtaan atau dimasukan secara bebas dari luar maluku dan Maluku Utara telah digunakan oleh kelompok perusush Islam dalam penyerangan mengakibatkan eskalasi kerusuhan lebih tinggi dan korban yang sangat banyak pada umat Kristen di Maluku dan Maluku Utara.
2.. Tindakan-tindakan perusuh Islam terhadap umat Kristen di Maluku dan Maluku Utara antara lain:
1.. Menelanjangi dan memperkosa wanita-wanita Kristen, menyekap mereka dan anak-anak, sampai sekarang tidak diketahui nasib mereka.
2.. Memutar-balikkan fakta-fakta di berbagai media di dalam maupun di luar negeri tentang kerusuhan Maluku dan Maluku Utara, sehingga dapat menjadi anggapan umum seolah-olah umat Kristen adalah penyebab kerusuhan di Maluku dan Maluku Utara. Bukti pemutar-balikkan fakta antara lain:
a.. Diberitakan bahwa penyebab kerusuhan di Maluku dan Maluku Utara adalah karena pembantaian yang dilakukan oleh umat Kristen terhadap umat Islam yang sementara Sholat Ied Idul Fitri. Padahal yang sebenarnya sesuai keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap adalah kerusuhan bermula dari perbuatan terorganisir orang muslim antara lain bernama Mur Salim Bin kadir dan Tahang asala Suku Bugis Sulawesi.
b.. Diberitakan bahwa ibu hamil yang dibelah perut dan dikeluarkan janinnya lalu disayat-sayat itu dilakukan oleh umat Kristen dan disaksikan sendiri oleh ketua Yayasan Alfatah (Hj, Abdulah Soulissa). Padahal yang sebenarnya, perbuatan tersebut dilakukan oleh kelompok Islam yang melakukan penyerangan ke perkampungan Kristen di Benteng Karang dan korban ibu hamil adalah NY. MARIA SERPIELA beragama Kristen Protestan.
c.. Diberitakan bahwa seorang wanita Islam diperkosa, ditelanjangi dan disayat-sayat buah dadanya (payudara), padahal yang sebenarnya wanita tersebut dirawat di rumah sakit TNI Angkatan Laut Halong sebagai akibat luka pada bagian kepala dan tangan.
d.. Diberitakan bahwa desa Kariu diserang oleh kelompok Kristen padahal yang sebenarnya adalah desa Kariu adalah desa Kristen yang diserang oleh kelompok Islam dari desa-desa Islam di pulau Haruku dan pulau sekitarnya,
e.. Diberitakan bahwa umat Kristen membantai umat Islam di dalam mesjid di Ahuru Kelurahan karang Panjang pada saat sembahyang subuh, padahal yang sebenarnya adalah kelompok Islam pada saa t melakukan penyerangan terhadap perkampungan Kristen, terdapat di antara mereka yang meninggal. Mayat orang itu diangkat dan dimasukkan ke dalam mesjid.
f.. Dan pemutar-balikkan fakta lainnya.
1.. Bahwa tindakan yang dilakukan terhadap umat Kristen di Maluku oleh kelompok separatis Islam dengan dukungan TNI dan POLRI, tidak mungkin diterima oleh bangsa-bangsa beradab di dunia, sekaligus memperlihatkan bahwa negara Indonesia dengan segala perangkatnya tidak serius melakukan fungsi perlindungannya kepada umat kristen. Malahan membiarkan penyiksaan terhadap umat Kristen ini terus berlangsung.
2.. Kami menilai bahwa kerusuhan di Maluku adalah konflik ideologi Pancasila dan ideologi Islam. Di dalam konflik ideologi ini terdapat kepentingan politik dengan menggunakan simbol-simbol agama. Dengan demikian sangatlah sulit bila konflik ini akan berakhir dalam waktu singkat.
3.. Apabila tidak ada bantuan sangat segera dari perserikatan bangsa-bangsa, Kepala Negara/Pemerintahan Negara-Negara Sahabat dan berbagai lembaga Internasional yang ada maka dalam waktu yang sangat singkat sebagian umat manusia di Maluku akan punah.Kami telah menungkapkan dugaan keterlibatan Sdr. Prof. DR. Amien Rais (Ketua majelis Permusyawaratan rakyat Indonesia RI) sebagai salah seorang penyebab timbulnya berbagai tindak kejahatan dan pelanggaran HAM karena ia telah melakukan hasutan bagi pembentukan laskar Jihad pada saat rapat akbar di Istora Senayan Jakarta. Hasutannya ini kemudian ditindak-lanjuti dengan berbagai tindakan kejahatan pidana dan pelanggaran HAM oleh yang menamakan diri laksar Jihad itu. Untuk itu melalui surat ini, kami mohon pula kiranya Sdr.Amien Rais dapat diproseskan melalui peradilan Internasional.
4.. Dugaan keterlibatan Sdr. Prof.DR. Amien Rais untuk membasmi umat Krsiten di Maluku telah semakin jelas yakni dengan persetujuannya untuk menerapkan "Darurat Militer" di Maluku dan Maluku Utara padahal ia sendiri sadar bahwa yang membuat kerusuhan bertambah parah adalah kelompok Jihad yang didatangkan atas dukungannya dan ia (Amien Rais) telah mengetahui dengan jelas bahwa TNI dan POLRI selalu berpihak pada kelompok separatis Islam untuk membantai umat Kristen. Dengan darurat militer yang diungkapkannya, memberi peluang yang lebih besar untuk percepat pembasmian umat Kristen di Maluku dan Maluku Utara dengan perlindungan aturan Darurat Militer itu.


Demikian permohonan kami ini, atas bantuan segera dari Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Kepala Negara/Pemerintahan Negara-Negara Sahabat dan lembaga-lembaga Internasional bagi kebenaran dan keadilan, kami sampaikan teriam kasih teririrng salam dan doa.

Hormat Kami:


A/n. TIM PENGACARA GEREJA


Semmy Waileruny, SH

Koordinator


Diganaya Yunus, SH


Provided By Masariku Network 2000

chicholabus said:

AMEIN RAIS HARUS MENUNTASKAN RAMALAN JAYABAYA "NOTO NEGORO"/"NATA NEGARA"

Sebagian besar penduduk Indonesia adalah berdomisi di Pulau Jawa (60%), sehingga kita tidak bisa lepas dari budaya dan adat masyarakat Jawa.
Seperti kita ketahui masyarakat Jawa tidak asing lagi dengan masalah kekuasaan (politik). Dimana mengenai sejarah Indonesia selalu didominasi oleh Jawa, sejak dari Jaman Majapahit sampai Mataram, Bahkan sampai sekarang Kerajaan Yogyakarta (Sri Sultan HBX) selalu dikunjungi Capres-Capres untuk silaturahmi. (baca: minta dukungan). Dalam masalah kekuasaan, terkenal dengan ‘Ramalan Jayabaya’, disitu diramalkan bahwa: Peminpin Nusantara (Indonesia) yang akan membawa /mengantarkan ke Masyarakat yang Adil dan Makmur (baca: maju dan demokratis) adalah NOTO NEGORO atau NATA NEGARA.
Yaitu orang/person yang salah satu suku kata dari namaya mengandung unsur kata diatas.
Sehingga bisa kita pisahkan suku katanya, yaitu:
NO – TO – NE – GO –RO atau NA – TA – NE – GA – RA.

NO/NA adalah terkandung dari nama Bung Karno yaitu SoekarNO.
TO/TA adalah terkandung dari nama SoeharTO.
NE terkandung dari nama BacharuddiN Jusuf HabibiE
N dari huruf terakhir ‘BacharuddiN’ nan E dari huruf terakhir ‘HabibiE’
GO/GA terkandung dari nama MeGAwati Soekarno Putri.
Sehingga kita tidak kaget jika Gus Dur dijatuhkan/jatuh, karena saat itu bukan waktunya Gus Dur berkuasa. (memang saatnya Mega berkuasa).
Pertanyaannya: Siapa Penguasa Indonesia 2004-2009 ?
Mengacu pada ramalan Jayabaya diatas, maka penguasa Indonesia 2004-2009 adalah:
Bisa : suku kata GO/GA, atau suku kata RO/RA.
Kalau dari suku kata GO/GA, artinya MeGAwati akan berkuasa kembali., sehingga masih ada suku kata yang terhutang yaitu RO/RA. Akibatnya Indonesia akan tidak stabil dan krisis berkepanjangan.
Kalau bangsa Indonesia cerdas, maka suku kata GO/GA harus diakhiri. Dan berpindah ke suku kata terakhir yaitu RO/RA.
Pertanyaanya siapa calon pemimpin yang namanya mengandung suku kata diatas ?
Mari kita analisa dari nama-nama Capres yang ada:
abdurRAhman wahid al dakil
wiRAnto.
dyah megawati soekarno putri.
amien RAis
susilo bambang yudhoyono
hamzah haz

Gus Dur:
Kita tau bersama, bahwa Gus Dur gagal/tidak lolos oleh KPU.
Sehingga tidak aneh, Gus tetap ngotot mencalonkan, karena dari segi timing memang tepat, apalagi lingkaran Gus sangat percaya dengan ramalan tersebut.
RO/RA melekat pada nama Gus Dur yaitu ‘abdurRAhman wahid al dakil’
Kata ‘abdurROhman’ dan ‘abdurRAhman’ itu mengandung arti yang sama, sehingga menurut ramalan diatas, Gus Dur punya kans untuk menang.

WiRAnto.
Suku kata RA terkandung pada nama ‘wiRAnto’, tetapi suku kata RO tidak tepat dimasukkan dalam kata wiROnto.
Karena dalam bahasa jawa: ‘Wiranto’ dengan ‘Wironto’ berbeda artinya.
Wiranto berarti: anak laki-laki yang pemberani.
Wironto tidak mempunyai arti sama sekali, dan kata itu asing ditelinga orang Jawa.
Sehingga dari nama wiranto tidak tepat memimpin Indonesia.
Sebenarnya Wiranto sangat tepat berkuasa setelah Soeharto jatuh. Yaitu pada saat suku kata TO/TA berkuasa, yaitu melanjutkan kekuasaan Suharto. Karena dari namanya sangat tepat, yaitu: TO/TA terkandung pada nama ‘WiranTO’.

Susilo Bambang Yudhoyono, walaupun namanya panjang, SBY tidak menangdung suku kata RO/RA.
Hanzah Haz, sama sekali tidak ada kans.

Amien RAis:
RO/RA terkandung dalam nama: Mohammad Amien RAis.
ROis atau RAis tidak mengubah arti, yaitu berarti pemimpin.

Sehingga menurut ramalan JayaBaya: tentang NOTO NEGORO /NATA NEGARA, yang punya kans memimpin Indonesia dihubungkan dengan keadaan saat ini adalah:
AMIEN RAIS.
Saya berharap AMIEN RAIS akan menuntaskan “RAMALAN JAYABAYA”.
Saya menghimbau kepada simpatisan dan Pecinta Amien Rais untuk all-aut sehingga Amien Rais bisa menjawab dan menuntaskan Ramalan ini.


Wassalam.

PERINGATAN: MEMILIH AMIEN-SISWONO BERARTI MEMPERJUANGKAN KEBENARAN DAN KEADILAN,MENUNTASKAN REFORMASI & MENUMPAS KORUPSI, KOLUSI DAN NEPOTISME!

Duile said:

Semangat sih semangat, tapi pilih Amien-Siswono dengan sangat bijak bukan karena fanatisme belaka. Kita ga tau kan apa yang akan terjadi pada negara ini nantinya walaupun dipimpin oleh seorang Amien sekalipun. Kita harus sepenuhnya mendukung pemerintahan presiden yang nanti terpilih.
Congratulation for Amien-Siswono for debate last night

ayu said:

Ciiayyyoo... semoga hasil sementara KPU akan berubah. No.1 untuk Amien Rais

hetty said:

siapapun pemimpin kita nantinya marilah kita dukung, sebab tanpa dukungan kita, tugas pemimpin akan bertambah berat. Jangan sampai kita mengKultuskan seseorang hanya karena kita mengIdolakan orang tersebut.

yoly said:

ga papa anda tidak menang pak Amien mungkin Allah punya kehendak lain. tapi ya kebangetan orang muslim di Indonesia ini klo ga milih AMIEN RAIS. maunya mereka dipimpin siapa?????

MarineLiner said:

21. | 14:18 on 17 July 2004 | by yoly
tapi ya kebangetan orang muslim di Indonesia ini klo ga milih AMIEN RAIS.
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
Mungkin mereka sudah menduga, walau dapat suara banyak, tapi tidak akan masuk ke database KPU.
Allahu a'lam bishshowab.
http://forums.gawaher.com/index.php?showtopic=1576&view=findpost&p=164013

Hitokiri said:

YEaaaa....maju terus Sby,tinggal selangkah lagi utk menjadi president.....kasihan pendukung amien rais!!kalah telak..dan itu menbuktikan bahwa Sby lah calon yg dibutuhkan oleh bangsa ini utk mengembalikan harga diri bangsa indonesia

daPhY said:

hidup Pak amien rais!!
saya pasti mendukungmu ><

inge said:

Buat yg mendukung Pak Amien,yang beragama muslim apa cuma pak amin doang kali yah.....yg beriman,yg bersih,yang SUCI,yg pintar,yg cerdas orang lain dianggap musrik dan Goblok.atau kalian memang buta atau budeg jadi tdk bisa melihat dan mendengar kalau diluar sana byk yg muslim dan juga pintar.apa pak amin gak punya cacat sedikitpun???manusia itu gak ada yang sempurna bung....
Buat yg mengaku TIM PENGACARA GEREJA.
maksud kalian apa sih......mau mengadu domba antar agama atau maksud laen.gak perlulah seperti itu.

yazma said:

semua harus saling toleransi.jangan asal main tuduh.kalo perlu aku beliin cermin buat ngaca.pro pak amien:i love u

muhamad said:

saya bersyukur amien kalah,HALELUYAA.

muhamad said:

saya bersyukur amien kalah,HALELUYAA.

sagita said:

namanya muhammad koq haleluya.......pasti kamu org ANEH,mau mengadu domba antar agama.JELEK LOE

istinganah said:

jangan banyak bicara yang penting buktikan apa yang kau ucapkan semoga sukses selalu

rexa said:

mw jadi president atau ga, yang penting pa amien terus hidup...... awas aja kalo ada yang ngeracun dia ampe mati kayak MUNIR, karena dia adalah idola saya............

sugiharto said:

semoga Pak Amien selalu dalam keadaan sehat wal afiat dan panjang umur
amien.

RK said:

Amien Rais is the best!!!Amien for the president!!!!

hafiz said:

kalo ada yang bilang pak amien itu pelacur politik, wajar...karena otaknya nggak mampu mengikuti strategi politik kelas tinggi, tapi kalo mereka-mereka yang paham betul kondisi negara saat ini, mereka pasti akan sependapat dengan pak amien, kwik kian gie, bang iwan fals, de el el...semoga kita semua sadar untuk menghentikan kebobrokan moral kita sendiri

About this Entry

This page contains a single entry by enda published on June 2, 2004 6:13 PM.

Wiranto Profil-Bio was the previous entry in this blog.

Pasangan Capres Alternatif is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Powered by Movable Type 4.01